Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Leksikon Sastrawan Arab Modern: Biografi dan Karyanya

Judul: Leksikon Sastrawan Arab Modern: Biografi dan Karyanya
Penulis: Achmad Atho'illah Fathoni
Penerbit: Titah Surga, 2017
Tebal: 286 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 65.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


Biografi sangat dibutuhkan dalam penelitian sastra yang bersifat ekstrinsik, seperti penelitian sastra yang menggunakan pendekatan struktural genetik, sosiologi sastra, psikologi sastra, dan sebagainya. Mengapa? Karena, dalam penelitian tersebut tokoh sastra merupakan satu hal yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Hal itu didasari bahwa antara karya sastra dengan tokoh penciptanya, baik secara genetik, sosiologis, maupun psikologis dianggap sangat erat hubungannya.

Buku ini disusun tidak bermaksud untuk tujuan menjadi referensi utama dalam menelusuri tokoh sastra Arab. Apalagi untuk keperluan penelitian-penelitian seperti tersebut di atas. Akan tetapi, setidaknya memberikan kita satu celah baru dalam mengembangkan wawasan dan wacana kesusastraan Arab, terutama di Indonesia, yang hampir mengalami ‘kematian’.

Di dalam buku ini memuat sekitar 150 biografi sastrawan Arab modern dan karya-karyanya yang masih belum banyak di kenal oleh pembaca Indonesia. Satu hal yang penting dari niat penyusun buku ini adalah mengubah paradigma para pemerhati kesusastraan Arab. Sehingga mereka terbuka wawasannya, tidak berpandangan sangat sempit terhadap perkembangan sastra Arab. Diharapkan buku ini akan membawa angin segar dan melahirkan ide-ide baru, seperti studi kawasan kesusastraan Arab yang selama ini masih jarang disentuh oleh para peneliti sastra Arab, khususnya di Indonesia.

Penyusunan leksikon ini, sengaja digunakan referensi-referensi (di sebagian besar tulisan) dari internet yang bersifat on-line karena informasi yang didapat dari internet akan selalu up-to-date. Selain itu, penyusun juga menggunakan referensi-referensi yang bersifat teks konvensional literal (baca: buku) tentang kesusastraan Arab modern. Harus penyusun akui bahwa bacaan buku literal itu masih sangat minim, karena penyusun kesulitan mendapatkan buku yang berkaitan di perpustakaan-perpustakaan yang ada di Indonesia.

Berlangganan via Email