Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Toko Buku Online Terhadap Toko Buku Offline

Peningkatan popularitas toko buku online yang signifikan selama dekade terakhir memiliki dampak monumental pada toko buku offline, yang mencakup semua aspek dari bisnis mereka. Toko buku online menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan toko buku offline; toko buku offline fisik mencoba untuk melawan keunggulan ini dengan memanfaatkan area di mana toko online tidak mampu bersaing.

Kenyamanan dan variasi adalah dua keuntungan utama dari toko buku online. Dari kenyamanan rumah, konsumen bebas menelusuri pilihan ribuan buku dari berbagai sumber. Juga sangat mudah untuk membandingkan secara langsung harga dari pengecer yang berbeda untuk menemukan penawaran harga terbaik. Dalam beberapa tahun terakhir, kecenderungan meningkat di toko buku offline adalah buku yang didedikasikan untuk penawaran khusus. Ini sering mengambil bentuk berbagai macam buku, biasanya antara satu sampai lima tahun sejak publikasi awal, ditandai sebagai penawaran khusus dengan menggunakan stiker. tawaran ini biasanya berusaha menarik pembeli untuk membeli lebih dari satu buku, melalui penawaran setiap konsumen yang membeli satu buku berstiker berhak mendapatkan buku lain yang berstiker secara gratis, atau dengan harga sangat murah. Ini adalah cara yang efektif untuk menjual lebih dari satu buku, karena konsumen mungkin tidak ingin membeli satu buku dari seleksi dan merasa bahwa mereka melewatkan penawaran terbaik.

Banyak toko buku online menyediakan fungsi pencarian lanjutan di website mereka, yang memungkinkan konsumen untuk mencari penulis atau penerbit tertentu. Mayoritas buku cetak diberi Internasional Standard Book Number (ISBN) yang juga dapat digunakan untuk mencari secara online tidak hanya untuk buku tertentu, tetapi juga buku edisi khusus. toko buku offline biasanya mengkategorikan buku berdasarkan abjad, membuat pencarian banyak buku oleh penulis yang sama cepat dan nyaman juga. Namun, toko buku offline cenderung hanya memprioritaskan dan mempromosikan buku edisi terbaru. Estetika dari sampul depan buku juga penting dalam toko buku offline. Karena semakin banyak buku yang diadaptasi menjadi film, banyak penerbit mengeluarkan edisi buku yang sesuai dengan cover film seperti, menampilkan gambar setting dan bintang Hollywood terkenal dari film. Sementara edisi ini sama tersedianya secara online dan offline, sampul buku itu biasanya dibuat menonjol di toko buku offline, dengan harapan bahwa konsumen tertarik dengan desain dan dengan demikian ditarik ke buku-buku ini. Edisi yang lebih lama atau alternatif dari novel klasik seperti The Hobbit, sumber dari trilogi film baru-baru ini, dapat ditemukan di toko buku online, biasanya tanpa penekanan khusus pada buku edisi film itu.

Kecenderungan lain yang berdampak pada kedua toko buku online dan offline adalah meningkatnya popularitas e-book dan e-reader. Pengguna dapat membeli buku langsung dari e-reader sendiri atau dari website pengecer sendiri. E-book kemudian secara otomatis diunduh saat perangkat pengguna terhubung ke internet. Ketika penelusuran pilihan buku online menjadi cepat dan mudah dalam beberapa tahun, satu-satunya cara untuk menemukan, membeli dan membaca buku secara instan juga terjadi di toko buku offline. Namun, munculnya e-reader juga membuat seluruh proses ini hampir seketika dari mana saja dengan koneksi internet. Hal ini semakin menambah kenyamanan bagi konsumen, yang berdampak pada daya tarik toko buku offline.

Sejumlah toko buku offline telah merespon tren ini. Dua pengecer besar di Inggris, WH Smith dan Waterstones, keduanya mulai menjual e-reader di toko mereka sendiri. Banyak toko mereka juga memberikan kesempatan kepada konsumen untuk menguji berbagai model yang tersedia melalui penggunaan unit display. Ini sangat nyaman bagi orang-orang yang tidak percaya diri dengan teknologi baru. Orang-orang ini mungkin juga tidak membeli perangkat online untuk alasan yang sama. Dengan memiliki perangkat fisik itu di toko memungkinkan semua konsumen untuk menguji dan membeli perangkat itu dengan percaya diri. Banyak toko buku mendedikasikan seluruh bagian dari toko untuk e-reader. Area ini sering termasuk aksesoris perangkat itu sendiri, termasuk wadah, pengisi daya dan lampu untuk membaca waktu malam. Sekali lagi, memiliki perangkat ini sebagai produk fisik memastikan bahwa konsumen dapat menemukan ukuran, bentuk dan estetika yang mereka inginkan menyesuaikan perangkat mereka.

Selain itu, e-reader dan e-book memiliki dampak yang signifikan terhadap penjualan buku fisik. Penelitian oleh Bowker menemukan bahwa di Inggris, antara tahun 2010 - 2012, persentase e-book dari seluruh penjualan buku telah meningkat dari 26% menjadi 37%. Sementara ini tidak diragukan lagi menandakan penurunan pembelian buku fisik, Bowker juga menemukan bahwa setelah publikasi elektronik buku seri Mr Men karya Roger Hargreaves, penjualan versi cetak naik 35% dalam enam bulan berikutnya.

Buku anak-anak pada umumnya satu area di mana toko offline memanfaatkan keuntungan dari ruang belanja fisik. Banyak toko buku offline menawarkan suatu yang berwarna cerah, area anak-anak yang menarik, di mana anak-anak dan orang tua dapat menelusuri pilihan buku anak-anak. Beberapa juga termasuk tas kacang atau area nyaman, dan bahkan kertas dan krayon untuk mewarnai. Selanjutnya, area ini sering diisi barang bertema terkait seperti mainan lembut di samping buku yang sesuai mereka, seperti The Gruffalo. Area ini mungkin akan menarik perhatian anak-anak lebih dari satu gambar di layar komputer. Penjualan barang untuk menemani buku mungkin juga meningkat ketika ditempatkan di samping buku.

Ada juga cara lain di mana toko buku offline mengambil keuntungan dari sifat mereka dengan menyelenggarakan acara seperti penandatanganan buku. Pada suatu waktu di mana banyak buku yang ditulis atau di-endorse oleh selebriti adalah sangat umum, dan sering mendominasi grafik penjualan, banyak toko menawarkan konsumen kesempatan untuk bertemu dan memiliki buku-buku yang ditandatangani oleh para selebriti itu sendiri. Peristiwa seperti ini jelas tidak mungkin bagi sebuah toko buku online untuk mengadakannya.

Perkembangan lain teknologi yang berdampak pada toko buku adalah mesin POD (Print On Demand). Dalam beberapa tahun terakhir, mesin POD menjadi biasa di banyak toko-toko buku di seluruh Amerika Utara. Mesin ini memungkinkan konsumen untuk meminta naskah tertentu, yang kemudian dicetak untuk memesan dalam bentuk buku fisik. Hal ini memberi toko, outlet di mana mereka dapat mendistribusikan banyak buku langka atau sudah tidak dicetak ulang dan konsumen punya metode lain untuk menerima buku dalam ruang yang sangat singkat. Mesin ini menjadi lebih populer di seluruh dunia; sekarang ada dua Mesin Buku Espresso (salah satu merek POD terkemuka) di London.

Toko buku online dan e-reader memiliki dampak monumental terhadap toko buku offline. Fokus dari toko buku offline telah bergeser sebagai akibat dari meningkatnya kebutuhan untuk menarik pelanggan dengan latar belakang belanja online yang cepat dan nyaman. Namun, kemajuan internet selama dekade terakhir dapat, dan telah dianut oleh toko buku offline. Fakta bahwa banyak toko sekarang menyediakan e-reader mungkin menunjukkan bahwa hubungan simbiosis bisa eksis antara kedua toko buku online atau offline, serta buku fisik atau elektronik.

Joseph Makey, penulis dari Inggris Tenggara
22 Januari 2014