Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Berbagai Kesenian Sasak Samawa Mbojo

Judul: Berbagai Kesenian Sasak Samawa Mbojo
Penulis: Naniek I. Taufan
Penerbit: Museum Kebudayaan Samparaja Bima, 2012
Tebal: 178 halaman
Kondisi: Bagus (bekas)
Harga: Rp. 30.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


Nusa Tenggara Barat yang memiliki tiga suku asli yakni, Sasak (di Pulau Lombok), Samawa (Sumbawa dan Sumbawa Barat) dan Mbojo (Bima dan Dompu) –kedua suku tersebut berada di Pulau Sumbawa- memiliki berbagai kesenian khas. Ragam tarian, musik, teater dan sastra, menjadi bagian dari keberagaman budaya daerah ini. Lahir dan hidup dari masa ke masa, kesenian khas Sasak Samawa dan Mbojo, memiliki keunikan dan eksotisme tersendiri. Hingga kini, kesenian-kesenian ini masih hidup dalam komunitas pendukungnya dalam bentuk pertunjukan khusus. Kerap pula dihadirkan dalam even-even budaya sekaligus menyemarakkan dinamika pariwisata Nusa Tenggara Barat.

Buku berjudul: Berbagai Kesenian Sasak Samawa Mbojo, berisi tentang ragam dan rupa kesenian tiga suku di NTB yang lahir dan mengakar dalam komunitas masyarakat pendukungnya masing-masing yang turut pula memperkaya khasanah kesenian nasional. Penulisan buku ini dilakukan untuk mencatat kembali, seni-seni berupa ragam tarian, musik, teater serta sastra tradisional yang pernah ada sebagai identitas bagi ke tiga suku tersebut.

Penulisan buku ini diperkaya oleh para narasumber yang terdiri dari budayawan, seniman tradisional, pelaku seni tradisi hingga praktisi kesenian khas tersebut yang memiliki kepedulian dalam melestarikan kesenian-kesenian khas ini.

Berlangganan via Email