Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perempuan: dari Cinta sampai Seks, dari Nikah Mut’ah sampai Nikah Sunnah, dari Bias Lama sampai Bias Baru

Judul: Perempuan: dari Cinta sampai Seks, dari Nikah Mut’ah sampai Nikah Sunnah, dari Bias Lama sampai Bias Baru
Penulis: M. Quraish Shihab
Penerbit: Lentera Hati, 2010
Tebal: 480 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 40.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312
 

Sang pencipta tentu sangat tahu bahwa perempuan adalah pendamping terbaik laki-laki, sebagaimana halnya laki-laki adalah pendamping terbaik bagi perempuan. Tak ada yang lebih tinggi tinggi, juga tak ada yang lebih rendah. Sebab, tinggi rendahnya kedudukan seorang di hadapan Allah tidak ditentukan dari jenis kelamin, melainkan di ukur dari ketakwaannya.

Buku ini Menyajikan aneka persoalan seputar perempuan, utamanya dilihat dari sudut pandang Islam di dalamnya dibicarakan tentang:
- Perempuan dengan segala sifat, karakter, dan kebiasannya.
- Perempuan dan kehidupan rumah tangga: dari pernikahan sampai pembentukan   keluarga sakinah.
- Perempuan dan aktivitasnya di ruang publik.

"Lelaki yang tidak didampingi oleh perempuan –demikian juga sebaliknya– bagaikan perahu tanpa sungai, malam tanpa bulan atau biola tanpa senar. Tanpa perempuan, bayi tak akan lahir, dan yang lahir pun tidak merasakan kasih sayang. Tanpa perempuan masa muda lelaki menjadi gersang, masa matangnya menjadi hampa dan masa tuanya menjadi penyesalan. Memang Allah menciptakan perempuan – baik sebagai istri, ibu atau anak – untuk dicintai lelaki, demikian pula sebaliknya. Bagi lelaki, tanpa perempuan hidup adalah neraka, siksa dan dengan perempuan hidup bisa menjadi surga di dunia ini."

Kutipan pengantar M. Quraish Shihab, sang penulis di atas adalah gambaran penghormatan dan penghargaan beliau yang tinggi terhadap kaum perempuan, dan menjadi pembuka pembahasan atas berbagai persoalan ke-perempuan-an yang sering mengemuka di dalam masyarakat. Kecaman terhadap bias lama, yang justru melahirkan bias-bias baru yang tidak kurang buruknya dari bias lama; perempuan dan kecantikan, cinta, seks serta politik; nikah mut’ah, siri, dan poligami; aborsi dan penggunaan alat kontrasepsi; dan sebagainya.

Dalam buku ini, sebagai seorang pakar tafsir di Indonesia, M. Quraish Shihab berusaha memberikan kupasan dan tuntunan dari sudut pandang agama (Al-Quran) atas berbagai tuntunan dan keinginan berbagai kalangan (yang mengaku) pembela hak-hak perempuan yang (secara tidak sadar) terkadang justru melecehkan kaum perempuan itu sendiri. Wajarkah kita melangkah untuk mengarahkan mereka bertentangan dengan tuntunan Sang Pencipta perempuan, yang juga Pencipta alam raya? Jika itu yang kita tempuh, maka kita telah memasuki wilayah yang bukan wilayah kita. Kita telah melangkah berbeda dengan petunjuk yang dianugerahkan oleh Sang Pencipta itu. Demikian tulis beliau dalam buku ini.

Tentunya buku ini akan memberikan kita pemahaman lebih tentang perempuan dalam ajaran Islam, sebuah pengakuan atas hak-hak perempuan tanpa pelanggaran atas kodrat dari Tuhan-nya.

Berlangganan via Email