Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Gender Voice: Telaah Kritis Relasi Bahasa-Jender

Judul: Gender Voice: Telaah Kritis Relasi Bahasa-Jender
Penulis: David Graddol & Joan Swann
Penerbit: Pedati, 2003
Tebal: 349 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 60.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


David Graddol & Joan Swann menulis buku ini dengan jernih dan komprehensif, menyisir dari hulu sampai hilir, berbagai penelitian tentang peran dan pengaruh bahasa dalam membentuk perikehidupan individu dan struktur social, menjabarkan gagasan tradisi femininity, masculinity dan sexuality, menganalisis perbedaan tuturan laki-laki dan perempuan beserta implikasi dan makna social dari perspektif sosiobiologis, sosiopsikologis dan sosiopolitis. 

Sebuah elaborasi dalam mendefinisikan istilah bahasa menjadi hambatan awal dalam memahami berbagai pernyataan yang diberikan mengenai peranan bahasa dalam mengkonstruksi pembagian jender. Kata jender juga bias menimbulkan kesalahpahaman, terutama ketika digunakan dalam kaitannya dengan bahasa. Jender digunakan sebagai istilah teknis dalam kaitannya dengan kategori-kategori gramatikal kata-kata dalam bahasa-bahasa tertentu.

Buku ini menyebut, jika masyarakat di-jender-kan, maka yang dimaksud adalah bahwa jender mempresentasikan suatu pembagian penting dalam masyarakat, apakah seseorang itu laki-laki atau perempuan bukanlah merupakan sebuah fakta biologis, hal ini juga mengklasifikasikan seseorang dalam keanggotaan pada salah satu dari dua kelompok sosial.   

Memang betul, jika saja diskursus jender diaplikasikan dalam masyarakat akan menimbulkan dekonstruksi social, karena dari segi istilah saja sudah ambigu apalagi konsep dan orientasinya.

Kesimpulan penulis dalam buku ini adalah mempertahankan pendapatnya bahwa intervensi linguistik itu dengan sendirinya nyaris tidak memiliki dampak apapun-selain membuat intervensi itu kelihatan sedikit eksentrik. Akan tetapi, usaha-usaha paling mutkhir dalam hal intervensi terjadi dalam konteks perubahan sosial.

Berlangganan via Email