Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Sejarah Wahabi dan Salafi: Mengerti Jejak Lahir dan Kebangkitannya di Era Kita

Judul: Sejarah Wahabi dan Salafi: Mengerti Jejak Lahir dan Kebangkitannya di Era Kita
Penulis: Khaled Abou El Fadl
Penerbit: Serambi
Tebal: 142 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 35.000 (blm ongkir)
SMS/WA: 085225918312


Kata Wahabi dan Salafi begitu akrab dalam keseharian umat Islam. Apakah Wahabi itu suatu mazhab? Mengapa disebut Wahabi dan apa saja ciri khas pemikiran dan pola gerakannya? Begitu pula dengan Salafi. Apakah mereka penerus pandangan para Salafus Shalih (ulama generasi terdahulu yang saleh)? Apa bedanya dengan pesantren-pesantren tradisional di Tanah Air yang dikenal dengan Pondok Pesantren Salaf?

Benarkah tudingan orang bahwa Wahabi telah memengaruhi setiap gerakan puritan di dunia Islam di era kontemporer?

Dasar-dasar teologi Wahabi dibangun oleh Muhammad ibn ‘Abd al-Wahhâb (abad ke-18). Gagasan utama ‘Abd al-Wahhâb adalah bahwa umat Islam telah menyimpang. ‘Abd al-Wahhâb hendak membebaskan Islam dari semua pe­rusakan yang diyakininya telah menggerogoti agama Islam, yang di antaranya adalah tasawuf, doktrin tawasul, ajaran Syiah, serta ba­nyak praktik lain yang dinilainya sebagai bid­ah. Bagi ‘Abd al-Wahhâb, hanya dengan kembali ke Islam yang lurus, mereka akan diterima dan mendapat rida Allah.

Buku ini memaparkan sejarah Wahabi sejak kelahirannya, sepak terjangnya, hingga pengaruhnya di era modern. Merujuk pada sumber-sumber primer, termasuk dari karya kritis “orang dekat” ‘Abd al-Wahhâb sendiri, dan diperkaya referensi-referensi modern tepercaya, karya ini begitu meyakinkan, selain dituturkan dengan fokus, mengalir, dan mengasyikkan.

Sangat penting kita mengerti sejarah agar kita lebih bijak menyikapi perbedaan dan setia mengedepankan dimensi kerahmatan Islam.