Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Paradigma Baru Ilmu Pengetahuan Sosial dan Humaniora

Judul: Paradigma Baru Ilmu Pengetahuan Sosial dan Humaniora: Dialog Antar Peradaban Islam, Barat, dan Jawa
Penulis: Mahmud Thoha
Penerbit: Teraju, 2001
Tebal: 291 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Terjual Sleman

Buku ini merupakan hasil renungan dan penelusuran literatur selama 20 tahun terhadap masalah-masalah fundamental yang dihadapi bangsa Indonesia sejak kemerdekaan hingga sekarang. Masalah-masalah besar tersebut di antaranya adalah rivalitas ideologis antara Pancasila dan Islam, diskontinuitas pembangunan, sekularisasi ilmu pengetahuan, ancaman disintegrasi bangsa, centang perenangnya dunia pendidikan, dunia riset dan dunia hukum, serta pelbagai masalah besar di bidang ekonomi dan sosial seperti kemiskinan, pengangguran, dan kesenjangan sosial. Permasalahan-permasalahan besar tersebut ternyata bersumber pada lemahnya fondasi Ilmu Pengetahuan Sosial dan Humaniora yang dibangun berdasarkan konsepsi manusia yang tidak utuh atau parsial. Sumbangan penting buku ini adalah redefinisinya tentang konsep manusia seutuhnya, yang komprehensif dan universal, yang daripadanya teori-teori ilmu pengetahuan sosial dan humaniora diderivasi. Melalui riset yang mendalam, dengan ditunjang lebih dari 200 referensi, buku ini menawarkan solusi komprehensif dan mendasar terhadap permasalahan-permasalahan besar tersebut melalui pendekatan filsafati, islami, dan budaya.

Mahmud Thona, 46 tahun adalah Ahli Peneliti Utama di bidang Ekonomi Pembangunan LIPI. Ia menyelesaikan studi S-1 (1983) di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya dan S-2 (1990) di Universitas Manchester, Inggris. Selain mengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti (1991-sekarang) juga menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian Ekonomi (P2E-LIPI, 2001-sekarang). Selain menggeluti ilmu ekonomi, ia juga menaruh minat besar pada ilmu pengetahuan sosial, filsafat, dan agama.

"Buku ini benar-benar telah membuat saya iri hati kepada penulisnya. Sebagai seorang ekonom, Sdr. Mahmud Thona adalah satu-satunya teman seangkatan saya di LIPI yang berani melakukan terobosan-terobosan dan spekulasi luar biaas dalam bidang filsafat dan pemahaman keagamaan serta menuangkannya dalam bentuk gagasan-gagasan orisinal di bidang ilmu pengetahuan sosial dan humaniora."
Drs. Anas Saidi, MASosiolog dan Peneliti Senior LIPI

"Buku ini merupakan proyek ambisius dalam ukuran seorang peneliti ekonomi seperti Mahmud Thoha, walaupun menurut pengakuannya ini telah dimulainya tak kurang dari 20 tahun yang lampau."
Prof. Dr. M. Dawam Rahardjo, SEPresiden HIT Indonesia.

Berlangganan via Email