Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Islam, Agama-agama, dan Nilai Kemanusiaan: Festschrift untuk M. Amin Abdullah

Judul: Islam, Agama-agama, dan Nilai Kemanusiaan: Festschrift untuk M. Amin Abdullah
Editor: Moch Nur Ichwan & Ahmad Muttaqin
Penerbit: CISForm, 2013
Tebal: 382 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 80.000 (blm ongkir)
SMS/WA: 085225918312


Prof. Dr. M. Amin Abdullah adalah salah seorang intelektual Muslim Indonesia yang mempunyai peran penting dalam mengembangan pemikiran Islam, pendidikan tinggi Islam, hubungan antaragama, dan pengembangan nilai-nilai kemanusiaan—untuk sekedar menyebut sebagian. Beliau adalah intelektual yang mengembangkan pemikiran Islam progresif yang inklusif dan pluralis, baik melalui perguruan tinggi, forum-forum diskusi, seminar, konferensi maupun karya tulis dalam bentuk artikel jurnal dan buku. Beliau juga mengabdikan dirinya dalam pengembangan pendidikan tinggi Islam, bukan hanya di UIN Sunan Kalijaga, di mana beliau menjadi rektor selama dua periode, namun juga perguruan-perguruan tinggi lain di Yogyakarta dan luar Yogyakarta. Dalam bidang epistemologi, beliau memperkenalkan pendekatan integratif-interkonektif terhadap ilmu pengetahuan dan agama, yang akhir-akhir ini mulai dikembangkan di perguruan-perturuan tinggi di bawah Kementerian Agama. Tak diragukan lagi, beliau juga aktif dalam hubungan antariman yang harmonis dan konstruktif dan mengembangkan pemikiran Islam yang toleran terhadap ummat beragama lain. Beliau juga mengajar di universitas Protestan dan Katolik sebagai bagian dari dialog antariman itu. Persahabatan beliau melampaui sekat-sekat agama. 

Pak Amin, demikian ia sering disapa, dijuluki sebagai “filosof muda dari Jogja” oleh Jurnal Ulumul Qur’an, selepas ia menyelesaikan program doktor di Turki awal tahun 1990-an dan kembali mengabdi sebagai akademisi di almamaternya, UIN Sunan Kalijaga. Sejak itu, karir akademik dan karya-karya tulisnya terus bermunculan hingga mewarnai diskursus studi agama dan studi Islam di tanah air. Kiprah kepemimpinannya yang berhasil membawa transformasi dari IAIN ke UIN Sunan Kalijaga telah menginspirasi beberapa Institut serupa untuk melakukan hal yang sama. Di tengah kesibukannya sebagai dosen dan leader di UIN Sunan Kalijaga, Pak Amin masih aktif di Organisasi Sosial Keagamaan, Muhammadiyah serta aktif dalam berbagai forum akademik baik nasional maupun internasional. Atas kiprah intelektual dan pengabdiannya di masyarakat tersebut, sangat pantas bila para murid, kolega dan sejawatnya memberikan kado sepesial dengan buku yang berjudul “Islam, Agama-agama dan Pencerahan Kemanusian: Festchrift untuk M. Amin Abdullah” ini. 

Buku ini dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama adalah M. Amim Abdullah dan Pemikiran Islam. Secara khusus, tiga artikel pertama membedah epistemologi pemikiran Pak Amin serta relevansinya dengan perkembangan pemikiran Islam di Indonesia. Tiga artikel ini masing-masing ditulis oleh Alim Roswantoro, Muhammad Azhar, dan Waryani Fajar Riyanto yang membedah epistemologi pemikiran pak Amin mulai dari koteks sosio-historis dan relevansinya, perkembangannya dari satu fase ke fase berikutnya, hingga telaah karya monumental idenya tentang integrasi-interkoneksi keilmuan dari perspektif etika profetik. Dua artikel terakhir dari bagian pertama ini masing-masing ditulis oleh Sahiron Syamsuddin dan Khoiruddin Nasution yang walaupun tidak secara eksplisit membedah epistemologi pemikiran Pak Amin, mencoba menempatkan pemikiran Pak Amin dalam konteks perkembangan pendekatan studi Qur’an dan kajian hukum Islam. Bagian kedua buku ini mengupas problematika agama-agama dan menelisik pemikiran dan aksi Pak Amin dalam upaya membangun harmoni antar umat beragama. Turut menyumbang tulisan dalam bagian ini Ahmad Muttaqin, M. Sastrapratedja dan G. Budi Subanar, Elga J Sarapung, Zuly Qodir, serta Moch Nur Ichwan. 

Bagian ketiga buku ini mengupas nilai kemanusiaan dan posisi Pak Amin dalam memperjuangkannya. Tiga artikel pertama bagian ini ditulis oleh murid-murid beliau yang secara khusus menelaah kiprah kepemimpinan pak Amin yang menurut Al Makin telah mewarisi model kepempinan intelektual yang berkarakter. Bergaya biografi intelektual, Siti Ruhaini Dzuhayatin menulis sosok Pak Amin yang berhasil mendialogkan antara idealism Islam Substantif dan Keharusan bertindak Pragmatis. Alimatul Qibtiyah mengupas peran penting pak Amin dalam berbagai program gender mainstreaming di UIN Sunan Kalijaga. Tiga artikel terakhir dari bagian ini mengupas visi pencerahan kemanusiaan dan pembangunan peradaban dari tiga persepektif Kristiani oleh E. Gerrit Singgih, perpektif Buddha oleh Sasanabodhi Bikhu, dan perspektif Muslim oleh Haidar Baqir. Walau ketiganya tidak secara spesifik menulis tentang pak Amin, namun ketiga issu yang mereka tulis juga merupakan perhatian pak Amin. 

Sebagai editor kami mengucapkan terimakasih kepada para penulis yang telah menyumbangkan artikelnya untuk buku ini. Tulisan-tulisan itu merupakan kontribusi para penulis untuk meneguhkan fungsi dan peran nyata agama-agama sebagai pencerah kemanusiaan di muka bumi ini. Akhirnya, kami ucapkan selamat ulang tahun yang ke-60 Pak Amin. Di usia yang makin matang ini semoga beliau makin produktif untuk terus melahirkan karya-karya yang mencerahkan.

Berlangganan via Email