Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Tafsir Inklusif Makna Islam

Judul: Tafsir Inklusif Makna Islam: Analisis Linguistik-Historis Pemaknaan Islam dalam Al-Qur'an Menuju Titik Temu Agama-agama Semitik
Penulis: Ajat Sudrajat
Penerbit: AK Group, 2004
Tebal: 198 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 20.000 (blm ongkir)
SMS/WA: 085225918312


Dalam wacana agama dikenal adanya konsep monotheism atau al-tauhid, yakni sebuah keyakinan terhadap adanya Tuhan Yang Maha Esa. Konsep ini berakar dari tradisi agama Nabi Ibrahim (Abrahamic religion) yang telah mengajarkan ajaan tauhid serta penyerahan totalitas diri hamba (al-‘abd) kepada sang Khaliq, dimana dalam term al-Qur’an biasa disebut dengan al-Islam. Dari tradisi Ibrahim inilah kemudian diwariskan tiga tradisi agama besar dunia yaitu: Islam, Yahudi, Kristen.

Ketiga komunitas agama di atas dalam sepanjang sejarah telah banyak berperan mewarnai peradaban umat manusia hingga ini, namun sangat disayangkan, dalam sejarahnya pula, justeru banyak terukir berbagai konflik bahkan pertumpahan darah diantara pemeluk agama karena hanya perbedaan pandangan dan keyakinan dalam hal-hal yang bersifat eksoteris. Untuk itu, perlu dirumuskan titik temu bagi ketiga tradisi agama semitik tersebut.

Buku ini mengupas makna kata al-Islam beserta derivasinya dalam al-Qur’an, yang menghasilkan sebuah kesimpulan dan pandangan inklusif. Bahwa Islam adalah manifestasi dari bentuk ketundukan dan penyerahan total manusia kepada Tuhan, sekaligus merupakan hakikat keberagamaan manusia universal. Dengan membaca buku ini, para pembaca akan berani mengatakan bahwa, “Semua agama hakikatnya adalah al-Islam dan saya menganut seta meyakini agama al-Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad.”

Berlangganan via Email