Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Al Qur'an dan Sufisme Mangkunegara IV: Studi Serat-serat Piwulang

Judul: Al Qur'an dan Sufisme Mangkunegara IV: Studi Serat-serat Piwulang
Penulis: Mohammad Ardani
Penerbit: Dana Bhakti Prima Yasa, 1995
Tebal: 430 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Stok kosong

Mangkunegara IV (1811-1881) seorang filsuf dan budayawan abad ke 19 yang memiliki keahlian, kenegaraan, kemiliteran, sastra budaya dan agama. Ajarannya tentang sembah (ibadah) dan budiluhur (akhlak) dari kumpulan serat-serat piwulang, sesungguhnya berwujudan lain dari hubungan manusia dengan Tuhannya, di mana mengharuskan manusia melakukan ibadah dalam arti utuh secara total kepada Allah dalam bentuk ajaran sembah yang meliputi, Sembah Raga, Sembah Cipta (kalbu), Sembah Jiwa dan Sembah Rasa, yang apabila dibandingkan dengan Syari’at, Tarikat, Hakikat dan Ma’rifat akan kelihatan persamaannya baik bentuk maupun urutannya, meskipun formatnya berbeda. Sedangkan ajaran budiluhur lebih menekankan pada hubungan manusia dengan masyarakat dan lingkungannya.

Dalam buku ini juga mengupas tentang prinsip-prinsip ibadah dan akhlak yang lebih mendalam meliputi: Ibadah, Akhlak, Keterkaitan antara ibadah dan akhlak, Keterkaitan sholat dan akhlak, Keterkaitan zakat, puasa, dan haji dengan akhlak.

Prof. Dr. Moh. Ardani, aktifis di berbagai kegiatan sosial keagamaan yang terus digeluti seperti anggota MUI Jakarta, selain tugasnya sehari-hari sebagai seorang pendidik pada IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, karya-karya tulisnya banyak sekali berhubungan dengan filsafat Islam.

Berlangganan via Email