Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dari Grasberg Sampai Amamapare: Proses Penambangan Tembaga dan Emas Mulai Hulu Hingga Hilir

Judul: Dari Grasberg Sampai Amamapare: Proses Penambangan Tembaga dan Emas Mulai Hulu Hingga Hilir 
Penulis: Armando Mahler & Nurhadi Sabirin
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, 2008
Tebal: 408 halaman (hard cover)
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 150.000 (blm ongkir)
SMS/WA: 085225918312

DARI GRASBERG SAMPAI AMAMAPARE Kebutuhan akan logam dasar terus meningkat. Ini merupakan peluang besar bagi Indonesia karena negara kita kaya akan hal itu. Tantangannya adalah bagaimana dengan cepat kita menguasai pengetahuan kebumian terapan, dan teknologi canggih untuk menambang dan mengolah kekayaan alam itu, demi peningkatan kualitas kehidupan kita, dengan tetap menjamin keseimbangan alam Indonesia.

Dari Grasberg Sampai Amamapare menjadi sumber penting di tengah kelangkaan literatur penambangan di negeri ini. Dikemas dengan bahasa populer, buku ini menjelaskan secara rinci proses penambangan mulai dari hulu hingga ke hilir, yang meliputi proses mencari sebuah jebakan mineral, menambang dan mengolah dengan benar, serta memasarkannya kepada konsumen, sebagai mata rantai yang tidak dapat dipisahkan. Dengan gamblang dipaparkan pekerjaan eksplorasi mineral dengan menggunakan peralatan sederhana maupun mutakhir, hingga rekayasa teknik penambangan dan pengolahan mineral bijih dari masa ke masa.

"Sungguh saya merasa bangga dan salut serta berterima kasih kepada semua yang telah menyumbangkan tulisan sehingga buku ini mampu memberikan pencerahan yang sangat bermanfaat bagi banyak pihak."
- L. Misbah Hidayat-Anggota DPR-RI Fraksi PKB periode 2004-2009

"Menambang emas dan tembaga di Freeport Indonesia, seperti menggali ilmu pengetahuan yang tidak akan habis untuk dikaji dan dipelajari. Buku ini merupakan bagian dari halaman-halaman pengetahuan itu yang ditulis langsung oleh pelakunya."
- Ir. Moh. Gempur Adnan-Deputi Menteri Negara Lingkungan Hidup Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan

"Buku Dari Grasberg Sampai Amamapare merupakan referensi yang berguna karena dalam buku ini PT Freeport Indonesia memberikan penjelasan yang lengkap dan transparan, sehingga membantu dalam menjelaskan suatu siklus lengkap kegiatan penambangan Tembaga dan Emas, termasuk isu lingkungan tambang dan kewajiban sosial (Corporate Social Responsibility). Upaya ini perlu dihargai."
- Prof. Ambyo Mangunwidjaja-Pakar Ilmu Pertambangan

"Sebagai salah satu sumber daya ekonomi yang penting di Indonesia, kemajuan dan keberlanjutan industri pertambangan perlu terus ditingkatkan. Buku ini merupakan salah satu acuan untuk mencapai kinerja terbaik industri tambang di tanah air."
- Neneng Goenadi-Senior Eksekutif, PT. Accenture

Berlangganan via Email