Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku M.F. Siregar: Matahari Olahraga Indonesia

Judul: M.F. Siregar: Matahari Olahraga Indonesia
Penulis: Brigitta Isworo Laksmi & Primastuti Handayani
Penerbit: Kompas, 2008
Tebal: 330 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 15.000 (blm ongkir)
SMS/WA: 085225918312


Kapan lagi Bendera kita bisa berkibar di podium Olimpiade -tiga sekaligus lho. Belum tentu bisa ditandingi oleh negara lain, kata si arsitek peristiwa mumumental.

Indonesia berhasil meraih medali emas pertama di arena Olimpiade. Bendera putih berkibar di Pavello de la mar bella, 4 agustus 1992. Lagu Indonesia Raya berkumandang untuk pertama kalinya di Olimpiade Barcelina. Susy Susanti telah menorehkan sejaraha dengan tinta emas.

Siapa sesungguhnya di balik sukses tim bulu tangkis Olimpiade Barcelona tersebut? salah satunya M.F Siregar yang telah mendedikasukan waktu dan pikirannya untuk mempersiapkan tim bulu tangkis.

Nama MF Siregar tidak bisa dilepaskan dari dunia olahraga Indonesia. Pengabdiannya selama 46 tahun, dipupuk rasa cintanya pada olahraga yang telah tertanam sejak kecil, Siregar sering disebut sebagai teknokrat olahraga. Ia menimba ilmu di Akademi Pendidikan Djasmani Bandung dan Master Pendidikan Jasmani dari Springfield College, Amerika Serikat. Ini yang menjadi bekalnya menguasai olahraga dari segi teknik dan keahlian.

Selain mempunyai kemampuan teknokratis, ia juga seorang pembina dan sekaligus olahragawan. Siregar pernah menjadi atlet pada masa pelajar dan mahasiswa, lalu menjadi birokrat pemerintahan. Ia juga berperan sebagai pengurus dan pembina olahraga untuk sejumlah cabang, yaitu gulat, senam, dayung, tenis, hingga bulu tangkis. Untuk cabang terakhir ini, Siregar sukses membawanya merebut medali emas pada Olimpiade Barcelona tahun 1992.

Pemikiran besar MF Siregar tentang olahraga jauh mengakar pada persoalan kebangkitan bangsa dan nasionalisme Indonesia. Berulang kali ia mengingatkan tentang makna nasionalisme dan manfaat olahraga bagi pembangunan bangsa dan karakter manusia Indonesia. Puncak dari pengakuan akan dedikasinya yang tinggi di dunia olahraga adalah medali penghargaan L’Ordre Olympique dari International Olympic Committee (IOC) pada tahun 1986

Berlangganan via Email