Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Etika Pendidikan Islam: Petuah KH. Hasyim Asyhari

Judul: Etika Pendidikan Islam: Petuah KH. Hasyim Asyhari untuk Para Guru (Kyai) dan Murid (Santri)
Penulis: KH. Hasyim Asy'ari
Penerbit: Titian Wacana, 2010
Tebal: 134 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 30.000 (blm ongkir)
SMS/WA: 085225918312


Setelah membaca beberapa bagian dari isi kitab ini (Adabul 'Alim wa al-Muta'allim), di dalamnya saya temukan banyak sekali petunjuk yang sangat baik (bermanfaat) bagi para ulama (guru) maupun siswa.
Syekh Sa'id bin Muhammad al-Yamani (ulama Syafi'iyah, pengajar di Masjid al-Haram Mekkah al-Mukarramah)

Setelah memperhatikan isi kitab berjudul Adabul 'Alim wa al-Muta'allim yang ditulis oleh Syekh Muhammad Hasyim bin Muhammad Asy'ari, seorang ulama asal Jombang, Jawa Timur, yang terkenal dengan sikap wara' dan ketakwaannya, dan dengan melihat kedalaman makna, ketepatan kalimat serta gaya ungkapannya, saya berkeyakinan bahwa kitab ini lahir dari keutamaan dan ketulusan jiwa penulisnya. Ibarat air, kitab ini akan menghapuskan dahaga bagi mereka yang kehausan. Oleh karenanya, tidaklah berlebihan apabila saya katakan bahwa dengan mempelajari kitab ini seorang siswa tidak perlu lagi meminta wejangan-wejangan (petunjuk) dari orang lain. Begitupun halnya dengan para guru. .... Kitab ini memiliki sistematika yang sangat baik, jelas, serta memiliki dasar yang kokoh sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara universal bagi para guru dan murid.
Syekh Abdul Hamid Hadidiy (ulama Hanafiyah, pengajar di Masjid al-Haram Mekkah al-Mukarramah)

Kitab ini ibarat air sungai yang mengalir dari sumber mata air balaghah (ilmu tentang gaya dan keindahan bahasa), serta mengandung ungkapan-ungkapan yang tepat, jelas, dan mendalam di samping pengutipan dalil-dalil syariat yang hampir mewarnai seluruh pembahasan kitab tersebut.
Syekh Hasan bin Sa'id al-Yamani (pengajar di Masjid al-Haram Mekkah al-Mukarramah)

Setelah memperhatikan kitab Adabul 'Alim wa al-Muta'allim karangan Baginda Kyai Muhammad Hasyim bin Asy'ari al-Junbani (Jombang), banyak saya temukan di dalamnya kilauan mutiara adab (etika) sebagaimana bintang-bintang yang berkerlip di langit. Kalimat-kalimat dan ungkapan yang ada di dalamnya sangat teratur dan terpadu dalam jalinan sistematika yang sangat baik. Kitab ini adalah anugerah untuk para pecinta ilmu pengetahuan, yaitu para 'alim (guru) dan muta'allim (murid). Oleh karena itu, pantas kiranya jika saya katakan di sini hendaknya mereka saling berlomba-lomba untuk meraih kesempatan untuk menyelami kitab ini, sebagai buah karya dan hasil pemikiran yang cemerlang serta berkat kedalaman perasaan penulisnya.
Syekh Muhammad Ali bin Sa'id al-Yamani.

Daftar Isi
    I.Fadhilah Ilmu Pengetahuan dan Ahli Ilmu (Ulama), serta Fadhilah Mengajarkan dan Mempelajari Ilmu Pengetahuan
        Pasal Penting: Ancaman bagi Ulama/Guru yang Tidak Mengamalkan Ilmunya dengan Benar
    II. Etika bagi Pencari Ilmu (Pelajar)
    III. Etika Pelajar Terhadap Guru
    IV. Etika Belajar bagi Pencari Ilmu (Pelajar)
    V.Etika bagi Alim (Ulama/Guru)
    VI.Etika Mengajar bagi Alim (Ulama/Guru)
    VII.Etika Guru terhadap Siswa (Anak Didik)
    VIII.Etika Terhadap Kitab (Buku)
    IX.Penutup
    X.Komentar Para Ulama atas Kitab Adabul 'Alim wa al-Muta'allim karya KH. M. Hasyim Asy'ari
   

Berlangganan via Email