Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku The Crisis of Muslim History: Akar-akar Krisis Politik dalam Sejarah Muslim

Judul: The Crisis of Muslim History: Akar-akar Krisis Politik dalam Sejarah Muslim
Penulis: Mahmoud M. Ayoub
Penerbit: Mizan, 2004
Tebal: 261 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Stok kosong

Sejarah umat Muslim - yang diwarnai pancaroba dan pasang surut - sebenarnya baru dimulai setelah Nabi wafat. Periode ini ditandai dengan serangakaian percobaan politik dan keagamaan untuk membangun wilayah Islam (Dar Al-Islam) dalam bentuk konkret, yang landasannya telah diletakkan sendiri oleh Nabi. Sejarah umat yang sedang tumbuh dengan langkah "terhuyung-huyung" ini dimulai dengan tampilnya empat khulafa al-rasyidun, yang sepak terjangnya menjadi fokus utama buku ini.

Buku The Crisis of Muslim History: Akar-akar Krisis Politik dalam Sejarah Muslim memberikan "penafsiran baru" terhadap periode yang paling krusial dalam sejarah Islam. Lewat penelusuran yang ekstensif terhadap sumber-sumber kepustakaan primer baik Sunni maupun Syiah, Mahmoud M. Ayoub mencoba untuk membongkar dan menafsir ulang peristiwa-peristiwa penting, tokoh-tokoh kunci, dan tak ketinggalan kondisi-kondisi struktural yang melatari pelbagai peristiwa yang berujung pada krisis kepemimpinan dan perpecahan umat ke dalam kedua mazhab besar dalam Islam ini.

Persoalan pokok yang dikupas penulis berkisar septuar krisis politik dan kepemimpinan yang ditandai dengan pergeseran konsep khilafah sepanjang periode khulafa al-rasyidin. Penggunaan gelar Khalifah Rasul Allah oleh Abu Bakr, Amir Al-Mukminin oleh Úmar, Khalifah Allah oleh Utsman, dan Washi Rasul Allah oleh Áli, menunjukkan konsep kekhalifahan yang dipahami dan dianut oleh masing-masing khalifah. Meskipun mereka adalah para sahabat utama Nabi, kosenp khhilafah yang mereka pahami ternyata menunjukkan perbedaan-perbedaan cukup siginifikan, yang tentu saja berimplikasi langsung pada cara mereka memerintah.

Mengingat pentingnya topik yang dibicarakan, dan sifat pembahasannya yang ilmiah dan tidak polemikal, buku ini sangat pantas dijadikan sebagai bacaan wajib, bukan saja bagi sarjana dan mahasiswa sejarah Islam, melainkan juga bagi para pembaca Muslim umumnya.

"Penerbitan karya Ayoub dalam edisi Indonesia ini harus kita sambut dengan baik dan positif... karya yang menyajikan sejarah Islam dan akan melengkapi karya-karya sejarah Islam dari pinggir."
Azyumardi Azra, UIN Jakarta

Berlangganan via Email