Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Second Sex: Kehidupan Perempuan

Judul: Second Sex: Kehidupan Perempuan
Penulis: Simone de Beauvoir
Penerbit: Pustaka Promethea, 2003
Tebal: 691 halaman
Kondisi: Bagus (stok lama)
Harga: Rp. 125.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


Buku second sex jilid kedua ini bercerita tentang Kehidupan Perempuan. Perempuan di masanya Simone menurutnya sedang dalam proses pemulihan mitos feminisme. Mereka mulai menyatakan kebebasannya dengan cara yang terang-terangan, tapi sayang mereka tidak, atau belum dapat menikmati kehidupan yang mereka inginkan seperti kaum laki-laki. Kemana pun mereka melangkah, garis ahir selalu berwujud pada pernikahan. Ini artinya sama dengan mengakui dominasi laki-laki. Hal inilah yang memang ingin dipertahankan laki-laki karena mereka juga ingin mempertahankan fondasi sosial.

Dalam buku ini tergambar bagaimana perempuan mengalami masa pencobaan dan pengalaman-pengalaman menariknya sehingga kita bisa memahami secara mendalam apa saja yang dihadapinya. Beban masa lalunya akan masih menghantui di masa yang akan datang. Tahun-tahun pertumbuhan sebagai masa kecil, gadis muda, perempuan menikah, usia matang sampai lanjut usia diceritakan dengan sangat filosofis. Semakin saya membaca buku kedua ini hati saya semakin sesak betapa banyak kebenaran yang sebenarnya terungkap. Apalagi bila setiap hari saya bertemu dengan perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga dan trafiking. Semakin saya membenarkan situasi yang diceritakan Simone.

Simone menuliskan Rapport d’Uriel: “Tubuh laki-laki yang dapat memahami dirinya sendiri, sangat berbeda dengan tubuh perempuan dimana tubuh perempuan tampak menginginkan signifikansi oleh dirinya sendiri…Laki-laki mampu berpikir tentang dirinya sendiri. Sementara perempuan tidak dapat memikirkan dirinya tanpa laki-laki. Ia tak lebih dari apa yang dikatakan laki-laki, oleh karenanya, ia disebut “seks”, yang secara esensial berarti datang kepada laki-laki sebagai mahluk seksual. Baginya, ia adalah seks—seks absolut. Ia didefinisikan dan dibedakan dengan referensi laki-laki dan bukan dengan referensi perempuan. Ia merupakan mahluk yang tercipta secara kebetulan. Mahluk tidak esensial yang berlawanan dengan mahluk esensial. Laki-laki adalah sang Subjek, sang Absolut sedangkan perempuan adalah sosok yang lain.



Berlangganan via Email