Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seri Tempo: Kartini

gambar
Rp.60.000,- Rp.45.000,- Diskon
Judul: Seri Tempo: Kartini
Penulis: Tempo
Penerbit: KPG, 2016
Tebal: 160 halaman
Kondisi: Baru (Ori Segel)

Kartini adalah kontradiksi: ia cerdas sekaligus lemah hati. Ia menyerap ide masyarakat Barat tapi tak takluk pada adat. Ia feminis yang dicurigai. Ia dianggap terkooptasi oleh ide-ide kolonial. Tapi satu yang tak bisa dilupakan: ia inspirasi bagi gerakan nasionalisme di Tanah Air.

Kartini menyuarakan perubahan. Ia membawa Perjuangan perempuan pada fase yang baru, tidak Sekadar menuntut pengakuan tapi juga mengklaim Keberadaannya dalam kehidupan bangsa.

Hidup Kartini begitu singkat, 25 tahun, namun gagasan- gagasan progresifnya tak lekang oleh zaman. Tulisannya menggambarkan perjuangan panjang di "ruang dalam" yang belum selesai sekalipun kemerdekaan di ”ruang luar” sudah tercapai.

Kisah tentang Kartini adalah jilid perdana seri “Perempuan-perempuan Perkasa” yang diangkat dari liputan khusus Majalah Berita Mingguan Tempo April 2013. Serial ini mengangkat, mengupas, dan mengisahkan sisi lain kehidupan tokoh-tokoh perempuan yang memiliki peran besar pada setiap zamannya.

Kisah Kartini ini adalah bentuk buku dari edisi khusus Majalah TEMPO yang terbit pada April 2013 lalu. Gelap-Terang Hidup Kartini berusaha memberikan gambaran utuh tentang salah satu perempuan perkasa yang dimiliki negeri ini.

Lewat buku ini, kita akan tahu bahwa Kartini tak sebatas kebaya, rambut sanggul dan festival 21 April. Walau pun hidupnya singkat, hanya 25 tahun, Kartini sudah memaksimalkan hidupnya. Dalam surat-surat kepada sahabat penanya, yang kemudian dibukukan pertama kali dengan judul Door Duisternis Tot Licht (Habis Gelap Terbitlah Terang), kita terlihat bahwa pemikiran Kartini sangat kritis. Kartini adalah perwujudan kekuatan pemikiran perempuan, perjuangan tentang hak perempuan, kesetaraan gender dan nasionalisme Indonesia akhir abad ke-19.

Menyajikan kisah sejarah buku begitu komprehensif. Namun tak membuat buku ini “berat” dibaca. Disajikan dengan gaya tata letak yang seperti majalah, cerita sejarah ini menjadi asik untuk dibaca.
Pesan Sekarang

Berlangganan via Email