Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Manaqib Imam Syafi'i

Judul: Manaqib Imam Syafi'i
Penulis: Ibnu Hajar al-Asqalani
Penerbit: Cendekia Sentra Muslim, 2001
Tebal: 243 halaman
Kondisi: Bekas (bagus)
Stok kosong


Buku ini berisikan tentang manaqib (cerita/riwayat kebaikan) Imam Syafi'i (sebagaimana judul bukunya), yang isinya dibagi menjadi dua pembahasan utama, yaitu: Pertama adalah tentang biografi Imam Syafi'i, yang dijelaskan secara cukup rinci dari nama asli, nama gelar (kunyah/laqab), sejarah kelahiran, tempat dibesarkan, pengembaraan menuntut ilmu, guru-guru Imam Syafi'i, pujian terhadap beliau, ciri-ciri fisik, sifat dan perilaku beliau, kewaliannya, tingkat bahasanya yang tinggi, sebab beliau menulis, sampai tentang wafatnya.

Sedangkan yang kedua adalah tentang hadits-hadits yang diriwayatkan dari Imam Syafi'i. Untuk mengetahui banyak hal tentang Imam Syafi'i, buku yang ditulis Ibnu Hajar Al-Asqalani, ulama bermadzhab Syafi'i, sangat layak dibaca dan dikaji.

Muhammad bin Idris Asy-Syafi'i atau yang lebih dikenal dengan Imam Syafi'i adalah tokoh besar yang tak asing lagi namanya di telinga umat Islam. Di dunia Islam, kepakaran Imam Syafi'i dalam berbagai cabang ilmu keislaman tidak diragukan lagi. Beliaulah peletak dasar ilmu ushul fiqih dengan karya monumentalnya, ar-Risalah. Di bidang-bidang lain, kualitas keilmuan beliau sangat diakui oleh para ulama puncak di masanya dan sesudahnya hingga kini. Mayoritas ulama sepakat bahwa beliaulah yang dimaksud oleh Nabi Muhammad dalam haditsnya, "Seorang alim Quraisy, ilmunya akan memenuhi dunia."

Di berbagai belahan dunia Islam, khususnya di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, madzhab Syafi'i menjadi pegangan utama kaum Muslim. Artinya, dalam menjalankan aktivitas-aktivitas kegamaan yang berkaitan dengan masalah-masalah peribadatan, mereka akan memilih dan mengamalkan pendapat-pendapat yang berkembang dalam madzhab Syafi'i. Mengingat hal tersebut, sudah semestinya apabila kita benar-bear mengenal riwayat hidupnya dan hal-hal lain yang berkaitan dengan diri beliau. Dengan begitu, kita tidak hanya tahu dan menyebut-nyebut nama Imam Syafi'i, tetapi juga mengenal siapa sebenarnya tokoh terkemuka ini yang dalam masa kanak-kanaknya telah hafal kitab suci Al-Qur'an.

Bagi mereka yang merasa sebagai pengikuti madzhab Syafi'i, pemahaman yang lebih luas dan mendalam tentang beliau akan membuat mereka semakin yakin untuk mengamalkan apa yang selama ini telah dijalankan. Sedangkan bagi kaum Muslim lainnya, hal ini akan menambah bekal mereka untuk memahami madzhab Syafi'i, pendirinya, dan pengikutnya secar alebih obyektif dan bijaksana. Lebih dari itu, bagi siapapun yang meminati ilmu-ilmu keislaman, buku ini penting untuk dibaca dalam rangka meluaskan wawasan tentang banyak hal yang berkaitan dengan masalah-masalah agama.

Berlangganan via Email