Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Asal-usul Perkembangan Fiqh

Judul: Asal-usul Perkembangan Fiqh: Analisis Historis atas Mazhab, Doktrin dan Kontribusi
Penulis: Abu Ameenah Bilal Philips
Penerbit: Nuansa, 2005
Tebal: 236 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Stok kosong


Secara tradisional, perkembangan fiqh dibagi menjadi enam tahapan utama: Fondasi, masa Nabi Muhammad (609-632); Pembentukan, masa Khulafa al-Rasyidin sampai pertengahan abad ke-7 (632-661); Pembangunan, sejak berdirinya Dinasti Umayah (661) sampai kemundurannya (abad ke-8); Perkembangan, dari berdirinya Dinasti Abbasiyah (pertengahan abad ke-8) sampai permulaan kemundurannya (pertengahan abad ke-10); Konsolidasi, runtuhnya Dinasti Abbasiyah (sekitar 960) sampai pembunuhan khalifah Abbasiyah terakhir di tangan orang-orang Mongol (pertengahan abad ke-13); Stagnasi dan Kemunduran, sejak penjarahan kota Baghdad (1258) sampai sekarang.

Dalam buku ini, tahapan-tahapan itu diterangkan dalam kaitannya dengan konteks sosial dan politik yang relevan pada masing-masing periode. Dipaparkan juga secara jeli factor-faktor historis di balik pembentukan hokum Islam (fiqh). Dengan membacanya, pembaca akan menjadi lebih paham menhenai bagaimana dan mengapa muncul beragam mazhab dalam hokum Islam.

Buku ini terbagi ke dalam 11 bab besar dan beberapa sub bab. Dengan sangat jelas diungkapkan sejarah munculnya mazhab-mazhab dalam Islam hinggal hilang satu persatu mazhab tersebut dan akhirnya menyisakan empat mazhab besar dengan perselisihan hingga sekarang, ditambah dengan solusi menghadapi ikhtilaf tersebut.

Berlangganan via Email