Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Wasiat-Wasiat Sufistik Hasan Al-Bashri

Judul: Wasiat-Wasiat Sufistik Hasan Al-Bashri
Penulis: Hasan Al-Bashri
Penerbit: Pustaka Hidayah
Tebal: 154 halaman
Kondisi: Bagus (stok lama)
Stok kosong

Hasan Al-Bashri ra dilahirkan pada tahun (21 – 110) Hijrah di zaman pemerintahan khalifah Umar ra. Di masa kecilnya ia pernah disusui oleh Umm Salamah (Isteri Nabi saw).

Ilmunya: Hasan Al-Bashri ra sangat unggul dalam ilmunya, sehingga ia digelar Syeikh Bashrah. Ia seorang faqih, muhaddits dan juga mufassir. Menurut Imam Al-Ghazali ra.: “Hasan Al-Bashri ra merupakan orang yang kata-katanya paling mirip dengan sabda para nabi dan paling dekat petunjuknya dari para sahabat”.

Akhlaknya: Menurut Abu Bardah bin Abi Musa Al-Asyari: “Aku tidak melihat seseorang yang lebih menyerupai para sahabat Rasulullah s.a.w daripada Hasan Al-Bashri ra.”

Wafatnya: Saat kematian menjemputnya, beberapa orang sahabatnya masuk, mereka berkata kepadanya, Wahai Abu Sa’id: Berilah kami beberapa nasihat yg bermanfaat bagi kami !!… Hasan Al-Bashri berkata, Aku akan memberi nasihat dengan 3 kalimah, setelah itu, tinggalkan aku !!
Pertama: Perkara yang engkau larang, jadilah kalian orang yang pertama yg meninggalkannya.
Kedua: Kebaikan yang kalian perintahkan, jadilah kalian orang yang paling mengamalkannya.
Ketiga: Ketahuilah langkah kalian itu dua, langkah yang akan membahagiakan kalian dan langkah yang akan mencelakakan kalian. Maka perhatikanlah dimana kalian mulai dan di mana kalian berakhir.

Berlangganan via Email