Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Neraka Guantanamo: Kisah Derita Seorang Muslim di Penjara Khusus Teroris AS

Judul: Neraka Guantanamo: Kisah Derita Seorang Muslim di Penjara Khusus Teroris AS
Penulis: Moazzam Begg
Penerbit: Mizan, 2006
Tebal: 389 halaman
Kondisi: cukup (bekas)
Harga: Rp. 60.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


Moazzam Begg, seorang Muslim Inggris, tak pernah membayangkan akan mengalami penderitaan ini. Ia beserta keluarganya pindah dari Inggris ke Afghanistan untuk menjalankan misi sosial membangun sekolah gratis dan sumur-sumur air. Di tengah gempuran Amerika atas pemerintah Taliban, mereka mengungsi ke Pakistan. Pada 31 Januari 2002, Moazzam diculik dari rumahnya di Islamabad oleh agen rahasia Amerika Serikat, dengan tuduhan terlibat terorisme. Dimulailah penderitaannya: ditahan tanpa kejelasan status, berpindah-pindah dari Bagram, Kandahar, dan akhirnya di Guantanamo. Ia dibebaskan tiga tahun kemudian, tanpa perhah diajukan ke pengadilan dan tanpa terbukti bcrsalah. Inilah buku pertama yang membeberkan penderitaan tahanan di penjara-penjara ilegal AS yang tersebar di berbagai penjuru dunia, serta menggambarkan nasib sekian banyak korban "perang melawan teror" yang dijalankan AS secara membabi-buta.

Memoar ini merupakan salah satu bukti yang menegaskan tuduhan buku Legacy of Ashes bahwa CIA Dinas intelejen amatiran dari sebuah negara adidaya, yang menangkap dan menculik orang tanpa bukti, lalu memenjarakannya tanpa pengadilan, dan menyiksanya untuk mengakui kejahatan yang tidak dilakukan demi menjustifikasi penangkapannya. Well, bukan cuma CIA sih. MI5 dan dinas-dinas intelejen negara lain yang patuh buta (takut) pada Amerika pun turut bertanggung jawab.

Buku ini menggambarkan paranoia Amerika terhadap dunia Islam setelah peristiwa 911. Mengutip Moazzam Begg: Amerika pernah benci tapi tidak takut pada kaum kulit hitam. Amerika pernah takut tapi tidak benci pada Uni Sovyet. Sekarang Amerika benci dan takut pada Islam.

Berlangganan via Email