Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Filsafat Lingkungan: Merancang Taktik Baru untuk Menjalani Kehidupan

Judul: Filsafat Lingkungan: Merancang Taktik Baru untuk Menjalani Kehidupan
Penulis: Henryk Skolimowski
Penerbit: Bentang Budaya, 2004
Tebal: 170 halaman
Kondisi: Bekas (bagus)
Harga: Rp. 70.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


Dikotomi barat antara filsafat alam dengan filsafat manusia berakar pada gagasan kita yang keliru bahwa alam ada di sana untuk dimanfaatkan, ditundukkan, dan dieksploitasi. Humanisme ekologis menandai kembalinya pandangan yang utuh yang di dalamnya filsafat manusia dan filsafat alam adalah aspek-aspek dari satu sama lain.

Di sini alam semesta dibayangkan berevolusi, misterius, kompleks dan sangat halus di dalam proses kerjanya. Ia diatur oleh hukum-hukum fisika dan dalam segment-segmen ruang waktunya, tetapi hukum-hukum ini hanya mencerminkan sebagian aspek-aspek dari perilakunya. Alam semesta dapat diketahui sebagian, tetapi mister-misteri tak terduga apa yang mungkin masih dimilikinya hampir tidak dapat dibayangkan.

Kehidupan telah mengembangkan aneka ragam bentuk yang luar biasa ini bukan untuk dimusnakan oleh satu spesies yang mabuk dengan kekuasaannya, oleh satu kebudayaan yang kacau balau dan dengan pengembangannya yang berat sebelah. Kehidupan lebih kuat, lebih bertahan, lebih cerdik, lebih luar biasa daripada kecerdikan dan keluarbiasaan salah satu spesiesnya.

Tradisi analistis mendominasi filsafat akademik kita masa kini, dan tradisi inilah yang dilawan filsafat lingkungan dan dicoba untuk digantikan. Epistemologi kehidupan adalah suatu artikulasi filsafat lingkungan. Salah satu ajaran filsafat lingkungan ialah bertekad memperjuangkan kehidupan. Karena bertekad memperjuangkan kehidupan, ia harus memahami kehidupan dan pada akhirnya berarti bahwa ia harus merayakan kehidupan, bukan di dalam kesadaran yang dangkal dan sekedar bersenang-senang tetapi dalam kesadaran yang mendalam, nyaris metafisik, akan sifat kehidupan yang sangat kompleks dan misterius.

Berlangganan via Email