Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Budaya Damai Komunitas Pesantren

Judul: Budaya Damai Komunitas Pesantren
Editor: Badrus Sholeh
Penerbit: LP3ES, 2007
Tebal: 214 halaman
Kondisi: Bagus (stok lama)
Harga: Rp. 60.000 (blm ongkir)
SMS/WA: 085225918312


Para penulis dalam buku ini beranggapan bahwa pesantren adalah sebuah lembaga yang penuh dinamika. Pesantren adalah sebuah lembaga yang progresif yang mengadvokasikan perubahan-perubahan sosial. (M Dawam Rahardjo, Direktur LSAF)

Seperti yang ditemukan dari penelitian (buku ini), pesantren-pesantren cenderung kepada inklusivisme, menerima pluralitas dan sebagainya. Pesantren yang sangat literal sekalipun, yang menekankan pada Islam murni, santri-santrinya tidak langsung menjadi radikal. Ada faktor-faktor tertentu yang kemudian membentuk dan memicunya, sehingga mereka memiliki pandangan dan sikap yang radikal. (Azyumardi Azra, Direktur Pascasarjana dan Guru Besar Sejarah UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta).

Cukuplah untuk mengatakan asalkan arus-utama Islam (semacam NU-Muhammadiyah: pesantren-pesantren besar) tidak mendukung radikalisme atau pemahaman apa pun yang terkait dengan kekerasan. Mereka yang memprovokasi teologi teror tidak akan berhasil di negara kepulauan dengan mayoritas Muslim ini. (Abdurrahman Mas'ud, Direktur Pendidikan Islam Departemen Agama RI dan Guru Besar Ilmu Sejarah dan Kebudayaan Islam).