Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Novel Wasripin dan Satinah (Kuntowijoyo)

Judul: Wasripin dan Satinah 
Penulis: Kuntowijoyo
Penerbit: Kompas, 2013
Tebal: 256 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga Rp. 35.000 (belum ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312 


Lewat karyanya ini, Kuntowijoyo mencoba menggambarkan alam pikir bangsa ini: mulai dari tingkat paling bawah hingga birokrasi di tingkat paling atas. Sebuah alam pikir irasional, sesuatu yang khas sekaligus menjadi persoalan besar bangsa yang bernama Indonesia!

Kisah yang sangat Orde Baru. Masih dengan kultur Jawa yang kental khas Kuntowijoyo, menyorot kisah masyarakat kelas menengah bawah dipantai utara Jawa, kisah keseharian masyarakat yang dibumbui dengan politik yang terjadi pada masa itu; Petrus (penembak misterius), GPL (Gerakan Pemuda Liar) dan 3 partai yang ada pada saat itu: Partai Randu (Beringi lambang Golkar), Partai Kuda (Banteng lambang PDI) dan Partai Langit (Binta lambang PPP), aturan tentang larangan golput, pemerintahan yang layaknya junta militer (67-98) dan masih banyak lagi.

Wasripin..
seorang pemuda dari Jakarta, muak sebagai budak hasrat oleh ibu angkatnya, ia melarikan diri dan terdamparlah ia disebuah desa dipesisir pantai utara Jawa. Singkat cerita, didesa ini ia dianggap sebagai orang pintar (dukun, pemijat, peramal) dan apa yang ia lakukan akan ditiru oleh penduduk desa..Wasripin layaknya seorang pahlawan didesa ini..

Satinah..
kisahnya tak kalah seru dengan Wasripin, sempat berganti nama beberapa kali, karena namanya dianggap membawa sial..Satinah pada akhirnya bisa lepas dari kesannya sebagai 'anak pembawa sial' dan dengan pamannya yang tunanetra mereka berdua mencari nafkah dengan bernyanyi dan bermain sitar dari desa ke desa..dan dari sinilah Wasripin dan Satinah bertemu..

Apakah kisah Wasripin dan Satinah akan berakhir bahagia??

Berlangganan via Email