Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Perempuan-perempuan Kramat Tunggak

Judul: Perempuan-perempuan Kramat Tunggak
Penulis: Endang R. Sedyaningsih-Mamahit
Penerbit: KPG, 2010
Tebal: 304 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 80.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


Buku yang mengangkat  gambaran menarik mengenai latar belakang sosial ratusan perempuan yang bekerja sebagai penghibur seks di lokasi pelacuran Kramat Tunggak. Apa yang terungkap dalam buku ini sebagian besar bukanlah gambaran keadaan pada masa sekarang. Kisah itu terjadi hampir 15 tahun lalu di salah satu bagian dari sebuah wilayah di Jakarta Utara. Kalau toh, buku yang pernah terbit di tahun 1999 oleh Pustaka Sinar Harapan ini diangkat kembali, untuk kemudian dikemas dalam cetakan baru dan diedarkan, alasannya adalah keinginan untuk menengok apa yang telah dilakukan dan melihat hasil dari tujuan yang bernama pembangunan!

Buku ini, ditulis berdasarkan disertasi Endang R. Sedyaningsih-Mamahit dalam meraih program doktor di Harvard School of Public Health, Boston, Amerika Serikat, berfokus pada perilaku seksual mereka yang berisiko tinggi: mereka dapat tertular dan menularkan infeksi menular seksual atau IMS, termasuk HIV/AIDS. Buku ini juga memberikan banyak saran praktis agar semua program pemerintah lebih efektif dalam mencegah IMS di kalangan kompleks pelacuran.

Limabelas tahun telah berlalu, sesudah kompleks pelacuran wilayah Kramat Tunggak resmi ditutup oleh Pemerintah DKI. Namun, seperti diibaratkan penulis, ketika suatu pembuluh tersumbat, tubuh akan giat membentuk pembuluh baru (kolateral) agar aliran darah dapat terus mengalir. Begitu juga yang terjadi dengan Kramat Tunggak. Ke manakah aliran baru itu akan bermuara?

Berlangganan via Email