Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Nusantara: Sejarah Indonesia

Judul: Nusantara: Sejarah Indonesia 
Penulis: Bernard H. M. Vlekke
Penerbit: KPG, 2008
Tebal: 462 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 85.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


Buku ini merupakan salah satu karya tentang sejarah Indonesia yang ditulis dengan perspektif komprehensif. Kurun waktu yang dibahas sejak zaman pra-kolonial sampai 1941. “Buku ini dirancang sebagai sejarah Indonesia dan bukan perluasan perusahaan dan koloni Belanda di luar negeri,” tulis Vlekke, sang penulis, dalam prakatanya. Karena itu, sejarah negara-negara dan pranata-pranata di Indonesia pra-kolonial mendapat porsi pembahasan lebih besar.

Nusantara merupakan salah satu karya tentang sejarah Indonesia yang ditulis dengan perspektif komprehensif. Kurun waktu yang dibahas sejak zaman pra-kolonial sampai 1941. "Buku ini dirancang sebagai sejarah Indonesia dan bukan perluasan perusahaan dan koloni Belanda di luar negeri," tulis Vlekke, sang penulis, dalam prakatanya. Karena itu, sejarah negara-negara dan prananta-pranata di Indonesia pra-kolonial mendapat porsi pembahasan lebih besar.

Uraiannya tentang sejarah Indonesia pra-kolonial itu sangat penting dan kaya ilustrasi. Tentang Majapahit, misalnya. Menurut Vlekke, kejayaan Majapahit runtuh bukan disebabkan oleh kerajaan Islam.

Vlekke juga punya penjelasan menarik tentang mengapa masyarakat Jawa berbondong-bondong masuk Islam, tapi pada saat yang sama begitu bersahabat dengan tradisi lokal (sinkretis). Para raja Jawa, menurut Vlekke, memilih Islam bukan karena mereka suka dengan agama itu, melainkan karena situasi politik mendorong mereka untuk bertindak demikian. Mereka dihadapkan pilihan sulit antara memilih bersekutu dengan portugis atau bekerjasama dengan Johor dan Demak, yang berarti harus memilih antara Kristen dan Islam.

Membaca “Nusantara” seperti membaca dongeng karena kaya ilustrasi. Inilah kelebihan karya ini dibandingkan kebanyakan buku sejarah tentang Indonesia. Bernard Hubertus Maria Vlekke merupakan guru besar dari Universitas Leiden, Belanda.

Berlangganan via Email