Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Arkeologi Islam Nusantara

Judul: Arkeologi Islam Nusantara
Penulis: Uka Tjandrasasmita
Penerbit: KPG, 2010
Tebal: 384 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 80.000 (blm ongkir)
SMS/WA: 085225918312
PIN BBM: 5244DA2C

Buku ini menyajikan suatu corak historiografi Islam Indonesia dengan menggunakan pendekatan arkeologi. Sebelumnya, sejarah Islam Indonesia lebih sering ditulis dengan bersandar pada bukti-bukti tertulis saja, sementara bukti-bukti berupa artefak atau material cenderung terlupakan. Di buku ini, sisa-sisa peninggalan masa lampau Islam Indonesia yang terabaikan itu justru menjadi sumber utama bagi historiografi.

Didasarkan pada bukti-bukti arkeologis, penulisan sejarah Islam Indonesia memperoleh fondasi yang kuat untuk menjelaskan: Masuknya Islam ke Nusantara, terbentuknya watak kosmopolitanisme dan dinamika lokal yang terjadi, sampai berlangsungnya proses akulturasi budaya. Diperkaya oleh khasanah naskah Nusantara yang sangat kaya, arkeologi Islam menjadi suatu bidang kajian yang dapat dipertanggungjawabkan untuk merekonstruksi sejarah umat Islam Indonesia.

Uka Tjandra adalah arkeologi pertama yang berani menerobos masuk wilayah kajian sejarah yang jarang disentuh itu; arkeologi Islam. Dan ia memiliki bekal yang cukup untuk melakukannya; keahlian bidang arkeologi, penguasaan berbagai bahasa penunjang, kejelian dan ketajaman analisis seorang peneliti sejarah. Menyebutnya sebagai pelopor arkeologi Islam di Indonesia adalah bagian dari upaya menghargai ketekunannya sebagai ilmuwan.

" ...salah satu kekuatan buku ini adalah pada penggunaan berbagai macamsumber, hasil ekskavasi arkeologi yang banyak ditulis dalam bahasa Belanda, sumber-sumber lokal seperti babad, hikayat dan tambo, catatan perjalanan para pengembara asing, sejarah lisan, dokumen dan arsip kolonial, observasi, serta buku-buku dan berbagai dokumen lainnya."
Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA; Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

"...sebagai seorang ilmuwan yang berwawasan luas, Pak Uka tidak hanya menggunakan data pokok arkeologi yang berupa artefak dan segala tinggalan kebendaan lain dari masa lalu,melainkan ia juga banyak menggali informasi masa lalu itu melalui data tertulis.... Rupanya buku ini dirancang untuk menjadi suatu paparan sejarah yang "mengalir", suatu historiografi yang "enak dibaca".
Prof. Dr. Edi Sedyawati; Arkeolog Universitas Indonesia

Berlangganan via Email