Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Hukum Akumulasi dan Keruntuhan Sistem Kapitalisme

Judul: Hukum Akumulasi dan Keruntuhan Sistem Kapitalisme
Penulis: Henryk Grossmann
Penerbit: Hasta Mitra, 2003
Tebal: 232 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Terjual Surabaya


Hukum Akumulasi dan Keruntuhan Sistem Kapitalis merupakan suatu sumbangan penting bagi teori ekonomi politik. Karya ini untuk pertama kalinya diterbitkan pada tahun 1929 di Leipzig, dan merupakan suatu pembahasan teoritikal yang sangat mendasar atas teori Marx mengenai kecenderungan keruntuhan kapitalisme.

Bertahan-hidupnya kapitalisme selama abad yang lalu, secara luas dianggap sebagai penolakan yang paling menentukan terhadap Marxisme, bahkan berkembang pula dongeng mengenai sistem yang benar dan kapitalisme sebagai satu-satunya sistem yang benar dan "ditakdirkan" bagi dunia dan yang dibuktikan pula dengan bubarnya negeri-neger sosialis Eropa Timur dan Uni Soviet. Tetap pembenaran atas teori tentang keruntuhan sistem kapitalis ini sebenarnya sudah diberikan oleh ambruknya Wall Street dan depresi ekonomi dunia pada tahun-tahun 1930-an.
Kembalinya resesi global pada tahun-tahun 1990-an, dan semakin miskinnya negara dunia ketiga, merupakan penegasan akan semakin goyangnya sistem kapitalis dewasa ini.

Dua tesis dasar yang diberikan Grossmann dalam bukunya ini adalah: a) Adanya faktor X yang menjadikan krisis (-krisis) kapitalisme suatu periode pemulihan, dan b) Teori fundamental mengenai nilai-nilai dimana jatuhnya tingkat laba berperan menentukan dalam keruntuhan sistem kapitalisme.

Henryk Grossmann dilahirkan di Cracow dan menempuh studi ilmu hukum dan ekonomi di Cracow dan Wina. Pada tahun 1925 ia bergabung pada Institute of Social Research di Frankfurt; Ia meninggalan Jerman pada tahun-tahun 1930-an dan kembali ke sana untuk menjadi Profesor Ekonomi Politik di Universitas Leipzig ditahun 1949.