Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Benua Ketiga dan Terakhir (Jhumpa Lahiri)

Judul: Benua Ketiga dan Terakhir
Penulis: Jhumpa Lahiri
Penerbit: Jalasutra, 2002
Tebal: 364 halaman
Kondisi: Bekas (bagus)
Terjual Jakarta

Berisi sembilan cerpen yang rata-rata menceritakan fragmen hidup para imigran asal India dan Pakistan. Mengutip sinopsis di bagian belakang buku; “Dalam kumpulan cerpen ini, secara cerdas dan lugas Jhumpa Lahiri berbagi detail kehidupan orang India, sekaligus secara universal membahas tema-tema tentang perasaan kesepian dan terasing. Sembilan cerita dalam kumpulan ini disampaikan secara sederhana dan menggugah.”

Masing-masing cerita membawa jenis kesepian tersendiri. Tema perjodohan yang diatur juga bertaburan. Tapi jangan berharap menemukan teriakan wanita yang menginginkan kebebasan di buku ini. Di beberapa cerita bahkan penulisnya menggunakan sudut pandang tokoh laki-laki, yang juga sama canggungnya menghadapi istri yang baru dikenalnya saat pernikahan. Favorit saya adalah cerita pembuka dan penutup buku ini; Masalah Sementara dan Benua Ketiga dan Terakhir.

Masalah Sementara menceritakan pasangan suami-istri yang akhirnya bisa saling terbuka saat rumah mereka terkena pemadaman listrik akibat perbaikan sementara. Benua Ketiga dan Terakhir menceritakan seorang pria yang melintasi tiga benua; Asia (India) tempat ia berasal, Eropa (Inggris, London) untuk kuliah sambil bekerja, lalu Amerika (Boston) dimana timbul persahabatan dengan wanita Amerika berumur 100 tahun lebih, pemilik rumah tempat ia menyewa kamar. Tokoh pria ini konon didasari kisah dan watak ayah Jhumpa Lahiri sendiri.

Berlangganan via Email