Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Kaum Perempuan dan Politik Strategi Ekonomi Internasional

Judul: Kaum Perempuan dan Politik Strategi Ekonomi Internasional
Penulis: Mariarosa Dalla Costa & Giovanna F Dalla Costa
Penerbit: Kalyanamitra, 2002
Tebal: 208 halaman
Kondisi: Bekas (bagus)
Harga: Rp. 40.000 (blm ongkir)
Order: SMS 085225918312

 

Kebijakan penyesuaian ekonomi yang dilancarkan oleh IMF dan Bank Dunia untuk mengatasi krisis utang negeri-negeri Dunia Ketiga teryata malah menyebabkan pemiskinan sebagian besar penduduk. Kaum perempuan, yang peran kerjanya amat menentukan untuk memelihara keluarga dan masyarakat adalah yang paling parah terpukul kebijakan ini. Karena kebijakan neoliberal yang dikenal sebagai “program penyesuaian struktural” itu berupaya menundukkan reproduksi sosal pada keperluan akumulasi modal maka yang berlangsung adalah penghancuran upaya perempuan untuk mengembangkan bentuk-bentuk reproduksi sosial yang meningkatkan nilai kerja dan melindungi otonomi mereka.

Namun mereka tidak tinggal diam. Tanggungjawab mereka dalam pembagian kerja seksual membuat mereka aktif bergerak memperbaiki keadaan dan selanjutnya memperluas ruang politik mereka.

Judul asli buku ini adalah “Paying the Price: Women and the Politics of International Economic Strategy”. Buku ini mengungkapkan hubungan mendasar antara kebijakan IMF dan Bank Dunia dengan kerja reproduksi kaum perempuan, serta membuka wilayah baru kritik teoritis dan politik terhadap strategi pembangunan yang dominan sekarang.