Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Tagore dan Masa Kanak

Judul: Tagore dan Masa Kanak 
Penulis: Rabindranath Tagore
Penerbit: KPG, 2011
Tebal: 202 halaman
Kondisi: Bekas (bagus)
Terjual Jakarta
 

Tagore dan Masa Kanak hanya sebuah kumpulan kisah pilihan dari mahakarya Tagore. Adalah Kedubes India yang mengusulkan penerbitan buku ini, sebagai karya pengenalan budaya India di Indonesia. Ayu Utami dipilih untuk menerjemahkan karya pilihan Tagore dari terjemahan Inggrisnya. Terjemahannya cukup manis dan mengalir, enak dibaca.

Tagore dan Masa Kanak terdiri dari tiga bagian, Cerita Lepas, Kakek dan Cucu, dan Masa Kanak. Bagian pertama mengisahkan empat cerita lepas yang sangat menggambarkan tanah kelahiran Tagore: Bengali. Di “Kabuliwalla” misalnya, begitu tergambar suasana kota besar Bengali, Kolkata. Lengkap dengan pasar dan pedagang keliling juga suasana di jalanannya.

Bengali lebih tergali ketika sampai pada bagian ketiga Masa Kanak. Di bagian ini pembaca diantar untuk menengok Bengali dari sudut pandang seorang anak yang beranjak dewasa. Bengali di masa Tagore tumbuh dengan asupan budaya Bengali yang kental. Puisi, musik dan tarian Bengali silih berganti dimainkan.

Sedangkan bagian keduanya adalah sebuah fantasi. Cerita yang begitu intim dan intens antara seorang cucu dan kakeknya. Bukan sekedar fantasi kosong, tapi, keliaran imajinasi yang membuat sebuah ikatan, menunjukkan kecintaan kakek pada cucu dan sebaliknya. Cerita-cerita yang dibangun dari imajinasi anak dan kebijaksanaan seorang tua sang tukang cerita – kakek.

Membaca Tagore adalah membaca dunianya. Dunia Bengali dengan segala budayanya. Tapi, tak sekedar Bengali, karena Tagore bukan sekedar seniman pemusik dan penulis puisi Bengali, dia seorang terpelajar yang telah bersentuhan dan intim dengan setidaknya dua peradaban besar – India dan Eropa. Sentuhan peradaban telah membuat karya-karyanya fenomenal dan abadi. Dikenang selalu sebagai karya besar yang tak ada habis sumber keindahan dan keagungannya.

Siapapun yang ingin mengenal Tagore layak membaca Tagore dan Masa Kanak sebagai mukadimah sebelum lebih menyelam ke dalam samudera karyanya. Setelah membaca buku ini bolehlah membayangkan, begitulah Tagore dibesarkan, seperti dalam Masa Kanak-nya. Bahagia dan bersenang-senang sambil tetap begitu lekat dengan akar Bengalinya. Lalu mari, mulai kita baca karya besar Tagore lainnya.

Berlangganan via Email