Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Menjadikan Indonesia: Dari Membangun Bangsa menjadi Membangun Kekuasaan

Judul: Menjadikan Indonesia: Dari Membangun Bangsa menjadi Membangun Kekuasaan
Editor: Daniel S. Lev & Ruth McVey
Penerbit: Hasta Mitra, 2008
Tebal: 391 halaman
Kondisi: Bekas (cukup)
Terjual Bekasi


Untuk menghormati mentor dan perintis Indonesianis Amerika terkemuka, George McTurnan Kahin, sekelompok alumni Universitas Cornell masing-masing dengan topik berbeda telah menulis sepuluh kajian tentang kelahiran Indonesia modern berkaitan dengan berbagai masalah yang dihadapinya sebagai Republik yang baru berdiri. Para penyumbang tulisan terdiri dari Ruth McVey (dua artikel), Benedict R. O’G. Anderson, Rudolf Mr├ízek – scholar Czeko bukan alumnus Cornell tetapi akrab ilmiah dengan George Kahin, Barbara S. Harvey, Mary Somers Heidhues, Geoffrey Robinson, Daniel S. Lev, Takashi Shiraishi dan Fred Bunnel.

Himpunan kajian di-edit oleh Daniel S. Lev bersama Ruth McVey dalam buku berjudul Making of Indonesia (Menjadikan Indonesia). Untuk edisi Indonesia kita berikan judul tambahan: “dari membangun bangsa menjadi membangun kekuasaan”, sub-judul yang cocok sebagai penyimpulan akhir perjalanan Indonesia modern selama 32 tahun dibawah rejim Suharto. Dan PROLOG ini merehabilitasinya menjadi “Dari Membangun Kekuasaan – kembali Membangun Bangsa”, Character and Nation Building Bung Karno.

Walau pun pendapat bisa berbeda, kita sambut opini para alumni Cornell dengan pemikiran positif, karena para penulis itu masing-masing kita tandai sebagai pakar Indonesianis dengan integritas tinggi; mereka memiliki kepedulian serius terhadap Indonesia, jelas bukan penulis murahan. Hal yang sama tidak bisa kita katakan mengenai banyak penulis asing lain yang berpretensi menulis tentang negeri dan bangsa kita – para penulis asing yang berpamrih ilmiah, bersikap maha tahu mengenai Indonesia, bahkan lebih tahu daripada orang-orang Indonesia sendiri yang menjadi sasaran pembahasan mereka. Contoh: mereka lebih tahu tentang Soekarno daripada Soekarno sendiri mengenai dirinya. Segera kita sebut di sini tiga nama para penulis gombal itu: Antonie C.A. Dake, Lambert J. Giebels dan Victor Miroslav Fic.

Berlangganan via Email