Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Max Weber: Kapitalisme, Birokrasi, dan Agama

Judul: Max Weber: Kapitalisme, Birokrasi, dan Agama
Penulis: Stanislav Andreski
Penerbit: Tiara Wacana, 1989
Tebal: 170 Halaman
Kondisi: Bekas (cukup)
Terjual Surabaya


Max Weber telah dikenal luas sebagai nabi-nya ilmu sosial. Dialah salah seorang pemikir yang meletakkan pijakan cara berpikir ilmiah untuk memahami realitas sosiologis peradaban manusia. Dalam dirinya tersungging dua potensi intelektual: sebagai sejarawan yang menyukai detail dan mengetahui sejumlah besar fakta-fakta, serta sebagai ilmuwan dan filsuf yang memiliki bakat menarik simpulan logis.

Di Indonesia dan di banyak belahan dunia lainnya, masyarakat ilmuwan telah demikian akrab dengan tokoh ini yang indikatornya dapat disimak pada sedemikian seringnya buah pikran Weber diacu dalam karya-karya ilmiah. Adalah penting disadari bahwa sesungguhnya Weber adalah tokoh jenius dalam berpikir, tapi sebagai penulis dia amat buruk. Dibandingkan jenius perintis ilmu sosial lainnya-seperti Adam Smith, John Stuart Mill atau de Tocquevillo-Weber dinilai berada pada peringkat terbawah dalam cara penyajian buah pikirannya.

Terjemahan-terjemahan karya Weber -yang aslinya berbahasa Jerman- ke dalam bahasa Inggris, karena itu tidak luput sering terperosok dalam untaian-untaian kata yang berbelit dan sulit dimengerti. Buku yang tersaji di hadapan Anda ini adalah salah satu karya terjemahan yang paling mudah dipahami dari sewkian banyak terjemahan yang sulit dipahami dalam khasanah pustaka berbahasa Inggris. Isinya merupakan karya-karya terpilih tentang penjelasan historis Weber yang diedit sedemikian rupa oleh seorang profesor sosiologi dari University of Reading sehingga menyisakan emas dari semak-semak belukar yang mengitarinya. Buku ini merupakan pengantar yang penting untuk memahami pemikiran Weber.

Daftar Isi
1 Keunikan Peradaban Barat 17
2 Kegagalan Kapitalisme di Dunia Lama 27
3 Birokrasi Konfusianis dan Kuman-kuman Kapitalisme di Cina: Kota dan Serikat Kerja 57
4 Agama, Kasta dan Depotisme Birokratik Hindu Sebagai Faktor-faktor Kemandekan Ekonomi: Kasta dan Suku 81
5 Hakekat Kapitalisme Modern 105
6 Protestanisme dan Semangat Kapitalisme 107
7 Agama dan Faktor-faktor lain dalam Perkembangan Kapitalisme Modern 121
8 Aspek-aspek Penting Kota-kota Eropa dan Kebangkitan Barat 133
9 Negara dan Usaha Bisnis 145
10 Tamatlah Kapitalisme 153

Berlangganan via Email