Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Uap (Putu Wijaya)

Judul: Uap (Putu Wijaya)
Penulis: Putu Wijaya
Penerbit: Bentang Budaya, 1999
Tebal: 241 halaman
Kondisi: Bekas (bagus)
Terjual Jakarta

Bukan buku kumpulan puisi. Tapi semacam aforisma: ungkapan-ungkapan kebenaran tentang berbagai hal yang diyakini oleh seseorang, hasil dari letupan-letupan pemikiran, permenungan dan penghayatan intens atas hidup dan kehidupan. Tradisi penulisan aforisma banyak dilakukan oleh Kahlil Gibran, Nietzsche dan para sastrawa-filsuf besan lainnya. Di Indonesia, putu wijaya adalah satu dari sedikit orang yang telah akrab dengan tradisi aforisma itu. Catatan-catatannya terus mengucur hingga kini, dan tak berdaya membelokkannya menjadi cerpen, esai, lakon atau novel.

Ciri khas seorang Putu Wijaya adalah dialog-dialog cerdas antar tokoh yang isinya kebanyakan memperdebatkan tentang ideologi, keyakinan, atau hal-hal mendasar lainnya. Kadang setiap saya selesai membaca sering timbul efek "O" besar atau angguk-anggukan (dalam bahasa jawanya "nggumun")

Putu memang seorang pemikir yang tidak pernah berhenti bertanya. Mungkin perdebatan tentangg hal-hal mendasar itulah yang sering menimbulkan teror mental pada penikmat karya-karyanya

Berlangganan via Email