Jual Buku Tirta Kamandanu: 104 Sajak Pilihan 1971-1996

Judul: Tirta Kamandanu: 104 sajak pilihan 1971-1996
Penulis: Linus Suryadi AG
Penerbit: YUI, 1997
Tebal: 159 halaman
Kondisi: Bekas (cukup)
Harga: Rp. 55.000 (blm ongkir)
Order: SMS 085225918312



Dalam catatan kaki yang dijuduli Catatan Gombal-Gambul Embel- Embel, Bakdi Soemanto berusaha mencari etiologi dari kata Tirta Kamandanu. Ternyata menurut tiga ahli budaya Jawa yang dimintai keterangan oleh Bakdi, kata Kamandanu ternyata kata mengalami pergeseran ucap dan penulisan dari Kamandhalu. Pada huruf Jawa, huruf La pada kamandhalu dan huruf besar Na pada Kamandanu berwujud mirip. Kegiatan salin menyalin naskah yang terjadi pada masa lalu dituding membuka jalan ke arah perubahan itu. Namun, lanjut Bakdi, apa pun yang terjadi dengan pergeseran ini, Tirta kamandanu yang dijadikan judul puisi ini mengisyaratkan jagad pikir Jawa tentang air kehidupan. Tirta kamandanu sendiri adalah judul puisi dalam kumpulan Kembang Tunjung (1983).

Bakdi juga menulis ini: “Pada awal kepenyairannya, sajak-sajak Linus menunjukkan gejala puisi lirik murni, yang mungkin, mengingatkan orang akan imagist poetry, seperti sajak-sajak Goenawan Mohamad dan Sapardi Djoko Damono. Kata, dalam sajak seperti itu, tak sepenuhnya mewakili atau menunjuk suatu pengertian tertentu, tetapi disulapnya menjadi alat pencipta suasana.”

Bakdi melanjutkan, “Hanya saja, selepas periode Langit Kelabu, Linus mulai meninggalkan kecenderungan kemurnian lirik dan mulai menggali unsur-unsur kosmologi Jawa sebagai pembangun citraannya, yang biasanya dihadirkan dalam bentuk tokoh-tokoh wayang atau menyajikan pandangan dunia Jawa dengan memasukkan begitu saja kata-kata Jawa tanpa tanggung-tanggung.” 

Berlangganan via Email