Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Lubang Hitam Kebudayaan

Judul: Lubang Hitam Kebudayaan
Penulis: Hikmat Budiman
Penerbit: Kanisius, 2006
Tebal: 310 halaman
Kondisi: Bekas (cukup)
Harga: Rp. 55.000 (blm ongkir)
Order: SMS 085225918312


Buku Lubang Hitam Kebudayaan meliputi enam bagian yang saling berkait satu sama lain. Bagian pertama sebuah pengantar. Dalam Bagian Kedua, penulis melacak setting pertumbuhan media massa yang diasumsikan sebagai salah satu medium terpenting dalam perkembangan wacana tentang budaya massa. Bagian Ketiga menyediakan beberapa hasil investigasi literatur standar yang membahas persoalan budaya massa. Bagian ini meliputi sebuah uraian singkat tentang problem perkembangan budaya massa dalam tradisi ilmu-ilmu sosial, tentang beberapa perspektif yang umum ditemukan dalam sekian banyak diskusi tentang budaya populer di Eropa dan Amerika.

Bagian Keempat berisi sebuah tinjauan singkat tentang setting sosial dari diskusi budaya massa sepanjang periode sejarah Orde Baru, dan kisah kecil tentang pertumbuhan media massa di Indonesia. Dari uraian di bagian tersebut kita juga akan memperoleh sebuah gambaran bahwa diskursus budaya massa di Indonesia pada dasarnya berlangsung justru dalam kondisi sangat lemahnya tradisi kritik sosial dan kebudayaan.

Puncak bahasan studi ini bisa ditemukan pada seluruh Bagian Kelima yang berisi pembahasan beberapa pokok masalah yang ditemukan selama proses pengumpulan dan pengolahan data. Bagian ini memuat rekonstruksi dari pelbagai diskursus tentang budaya massa yang berkembang sampai dekade 1990-an. Di bagian akhir, Anda akan menemukan beberapa catatan-catatan kritis tentang keseluruhan tema tentang budaya massa.