Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Sejarah Lokal: Suatu Perspektif dalam Pengajaran Sejarah

Judul: Sejarah Lokal: Suatu Perspektif dalam Pengajaran Sejarah
Penulis: I Gde Widja
Penerbit: Angkasa, 1991
Tebal: 191 halaman
Kondisi: Bekas (cukup)
Terjual Padang


Tradisi penulisan sejarah dengan tekanan pada daerah-daerah tertentu masih berlanjut sampai sekarang, disebut dengan nama karya sejarah "amatiran” oleh kalangan sejarahwan profesional. P.D. Jordan: “Berpuluh-puluh tahun karya-karya sejarah lokal dihasilkan oleh para amaturis, para antikuarian serta para sejarahwan hasil belajar sendiri yang dengan serampangan mencampuradukan antara fakta dan fiksi dan fabel dengan cerita bikinan". Di Amerika ada yang namanya "local historical society" sebuah kelompok pecinta sejarah lokal. para sejarawan profesional perlu mengadakan bimbingan terhadap para amaturis ini seperti dikatakan oleh Klark “suatu situasi intelektual yang tidak menguntungkan sekarang ini adalah diberikannya kesempatan bagi meluasnya suatu jurang pemisah antara apa yang disebut dengan kolompok sejarawan Profesional dan yang amatir.

Sejarah lokal bisa dikatakan sebagai suatu bentuk penulisan sejarah dalam lingkup yang terbatas yang meliputi suatu lokalitas tertentu. Keterbatasan lingkup itu biasanya dikaitkan dengan unsur wilayah (unsur spatial). Di indonesia sejarah lokal bisa disebut pula sebagai sejarah daerah, namun tidak jarang yang mengklaim bahwa sejarah lokal sama dengan sejarah daerah. Taufik Abdullah misalnya dia tidak setuju lokal disamakan dengan daerah. karena daerah indentik dengan politik, bisa mengabaikai etnis kultural yang sebenarnya,dan lebih mencerminkan unit lokaliota suatu perkembangan sejarah.banyak sekali persamaan sejarah Lokal itu. Jordan menggariskan ruang lingkupm sejarah Lokal yaitu keseluruhan Lingkungan sekitar yang bisa berupa kesatuan wilayah seperti desa, kecamatan, kabupaten, kota kecil dan lain-lain. Pengertian lain yang diangkat sebagai definisi Sejarah lokal dalam buku ini yaitu studi tentang kehgidupan masyarakat atau khususnya komunitas dari suatu lingkungan sekitar (neighborhood) tertentu dalam dinamika perkembangan dalam berbagai aspek kehidupan.

Antara sejarah lokal dan Nasional sangatlah berhubungan, dengan melakukan penelitian tentang sejarah lokal, kita tidak hanya memperkaya pembendaharaan sejarah Nasional, tapi lebih penting lagi memperdalam pengetahuan kita tentang dinamika sosiokultural dari masyarakat Indonesia yang majemuk ini secara lebih intim. Dengan begini kita makin menyadari berbagai corak penghadapan manusia dengan lingkungannya dan dengan sejarahnya serta memperdalam pula kesadaran sejarah kita untuk mendapatkan makana dari berbagai peristiwa sejarah yang dilalaui

Berlangganan via Email