Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Marx Untuk Pemula

Judul: Marx Untuk Pemula
Penulis: Rius
Penerbit: INSIST Press, 2000
Tebal: 156 halaman
Kondisi: Bekas (bagus)
Terjual Bandung


Membaca Marx dalam format komik tentu lebih menyenangkan daripada anda membacanya dalam buku-buku tebal (dijamin membikin kening anda pasti berkerut-kerut!). Sebagaimana judulnya, komik ini diperuntukkan bagi pemula yang ingin mengetahui siapakah Marx beserta Marxismenya. Melalui gaya yang jenaka Rius mengurai Marx dengan menelusuri latar belakang pemikirannya, kehidupan pribadi serta ide-ide besar yang dihasilkannya. Dengan menelusuri latar belakang pemikiran Marx, komik ini sekaligus menjadi pengantar filsafat yang ringkas. Di sini anda akan berjumpa dengan Hegel, Kant, Feuerbach, Descartes, Spinoza bahkan filsuf-filsuf seperti Heraclitus, Phytagoras, Socrates, Aristoteles, Democritus dan Plato tidak ketinggalan ikut nongol juga. Layaknya sebuah sejarah pemikiran, Marx adalah salah satu tonggaknya.

Lahirnya sebuah pemikiran tentu tidak bisa lepas dari konteks jamannya, begitu juga Marx. Penggambaran kehidupan pribadi Marx akan memudahkan kita memahami gejolak-gejolak pemikirannya. Kehidupan pribadi Marx sendiri ternyata sangat memprihatinkan, selalu dalam kubangan kemiskinan. Marx tersingkir dari pekerjaan dan negaranya justru karena tulisan-tulisan dan pemikirannya. Marx sekeluraga beruntung memiliki seorang sahabat seperti Engels yang membantunya di saat krisis. Engels juga yang kelak menyelessaikan dua jilid terkahir berdasar catatan Marx dari tiga jilid karya besar Das Kapital yang hanya sempat diselesaikan Marx satu jilid saja.

Marx meninggal dalam keadaan sakit dengan kondisi yang sangat miskin. Ide-ide Marx telah mengubah dunia, banyak perubahan-perubahan dan gerakan-gerakan masyarakat seperti di Kuba, Rusia, China, Chili, Vietnam bahkan Indonesia terinspirasi oleh pemikiran-pemikiran Marx. Kritiknya terhadap kapitalisme, penindasan kelas, alienasi, dialektika, materialisme historis sampai cita-cita masyarakat tanpa kelas, masih menjadi perdebatan sampai sekarang.

Buku kecil yang luar biasa dalam format yang amat mencengangkan ... tanpa ragu saya rekomendasikan buku ini kepada siapa saja yang ingin mempelajari dalil-dalil Marx yang paling mendasar dari seorang mentor yang memikat ... Penjelasan Rius mengenai Marx sungguh menakjubkan. Ia menunjukkan bahwa gambar dapat memperkuat suatu gagasan, dan bahwa kesederhanaan tidak perlu dihilangkan.
New York Times Book Review

Gagasan yang sederhana, yang mengangumkan tidak ada seorang pun mempunyai kecerdasan untuk melakukannya selain orang Meksiko yang bernama Rius, yang buku kecilnya tentang Marx ini masih menjadi panduan dalam daftar buku-buku sejenis.
Guardian

Sebuah pengantar yang amat menghibur. "Marx untuk Pemula" merupakan hasil pekerjaan besar, di mana gagasan-gagasan yang benar-benar kompleks dirombak menjadi bentuk yang mudah dicerna. Kekuatan khusus buku ini adalah ulasan filsuf-filsuf yang mendahului Marx dan membentuk pengembangan teorinya.

Berlangganan via Email