Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Psikologi Kritis: Metaanalisis Psikologi Modern

Judul: Psikologi Kritis: Metaanalisis Psikologi Modern
Editor: Dennis Fox & Isaac Prilleltensky
Penerbit: Teraju, 2005
Tebal: 434 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Terjual Surabaya


Psikologi kritis adalah "payung" terbaru untuk sedemikian banyak kritisme dalam psikologi. Dengan berbagai temuan teori-teori kritis, cultural studies, dan sumbangan psikologi itu sendiri, para penganjurnya mengupayakan apa yang disebut sebagai "metaanalisis" psikologi personal, institusi sosial, dan metodologi dalam psikologi itu sendiri. Pendekatan-pendekatan baru ini antara lain banyak mengkritik ilmu psikologi karena dianggap mendukung lembaga sosial yang melanggengkan ketidakadilan dan memajukan keegoisan dengan mencoba mendobrak tradisi status quo dalam wilayah psikologi. Isinya yang provokatif diharapkan dapat merangsang refleksi kritis para psikologi yang tidak terbiasa membaca jurnal yang mengkritik asumsi dan norma dasar psikologi.

Buku pengantar yang sangat komprehensif karena memuat banyak ruang lingkup dalam psikologi, seperti etika, moral, politik dan psikologi sebagai ilmu pengetahuan. bagian lain yang juga menarik dalam buku ini ialah mengenai perdebatan dan pengaruh antardisiplin ilmu pengetahuan yang semakin tiada batas dan kompleks.

Isaac Prilleltensky adalah Associate Professor Psikologi di Wilfrid Laurier University. Watrloo, Ontario, dan anggota Division of Community Psychology pada American Psychologycal Association. Menaruh perhatian pada bidang konsekuensi sosial, moral, dan politik dari teori dan politik psikologi. Buku lain yang ia tulis ialah The Moral and Politics of Psychology: Psychological Discourse and The Status Quo.

Dennis Fox adalah Associate Professor Psikologi di University of Illinois, Springfield dan pendiri Radical Psychology Network. Selain mengajar, aktif menulis hal-hal yang berkaitan dengan psikologi di blog pribadinya. Saat ini juga aktif dalam kegiatan politik.

"Menurut berbagai perspektif psikologi: psikologi feminis psikologi sosial, teori-teori kritis, posmodernisme, hermeneutika, dan psikologi diskursif. Wajib dijadikan panduan perkuliahan bagi mereka yang tertarik dengan wacana-wacana kritis dalam psikologis.
British Journal of Educational Psychology

Daftar Isi
Pengantar Menuju Psikologi Kritis: Nilai, Asumsi, dan Status Quo------1
Isaac Prilletensky dan Dennis Fox

Repolitisasi Sejarah Psikologi------31
Benjamin Harris

Teori Kritis, Posmodernisme, dan Hermeneutika: Wawasan untuk Psikologi Kritis------55
Frank C Richardson dan Blaine J Fowers

Teori-Teori Kepribadian: Ideologi dan yang Melampaui------91
Tod Sloan

Psikologi Abnormal dan Klinis: Politik Kegilaan------121
Rachel T Hare-Mustin dan Jeane Marecek

Psikologi Sosial: Krisis Berlanjut------153
S Mark Pancer

Kritik atas Psikologi Perkembangan----179
Erica Burman

Psikologi Politik: Suatu Perspektif Kritis----209
Maritza Montero

Psikologi Feminis----229
Sue wilkinson

Memahami dan mempraktikkan Psikologi Kritis----263
David Nightingale dan Tor Neilands

Psikologi Diskursif-----293
Ian Parker

Perspektif Kritis atas Psikologi Kritis: Suatu Pertanyaan Pendalaman----321
Julian Rappaport dan Eric Stewart

Berlangganan via Email