Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Fellow Traveller: Peranan Palu Arit dalam Kehidupan Bangsa Indonesia

Judul: Fellow Traveller: Peranan Palu Arit dalam Kehidupan Bangsa Indonesia
Penulis: Sutoyo NK
Penerbit: Yayasan Karya Citra Bangsa, 2010
Tebal: 414 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga Rp. 60.000 (blm ongkir)
Order: SMS 085225918312



Sutoyo NK mengungkapkan bahwa buku yang ditulisnya dilatarbelakangi dengan banyaknya pemahaman terkait ideologi yang identik dengan berbagai kasus pembantaian besar-besaran umat manusia tersebut. “Saya membuat tulisan ini pada dasarnya bukan untuk mengingat-ingat masa lalu atau membuka luka lama. Tapi saya ingin coba memberi pandangan lain kepada pembaca sesuai dengan fakta-fakta sejarah yang ada,” kata Sutoyo dihadapan puluhan peserta.

Salah satu fakta menyebutkan bahwa dulu Partai Komunis Indonesia (PKI) melakukan huru-hara bukan dalam konteks kemerdekaan tapi untuk memperluas komunisme internasional. Kemudian manipulasi juga kerap terjadi, contohnya dalam Pemberontakan PKI di Madiun, Amir Syarifuddin ketika itu menyebarkan isu yang menuduh Moh. Hatta berkolaborasi dengan Amerika Serikat (AS) untuk menghilangkan komunisme di Indonesia.

“Selain itu, PKI juga kemudian menyebar kebohongan dalam sejarah perkembangan bangsa,” tambah pria yang dulu lebih sering dipanggil Mayjen (Purn) TNI Sutoyo. Menurutnya, kelebihan buku ini adalah mengangkat fakta kejadian jumat berdarah 1 Oktober 1965. Ia menjelaskan bahwa panggung utama ketika itu ada di pangkalan udara Halim Perdana Kusuma. “Siapa berbuat apa, berada dimana, dan untuk apa? Semua tercantum dalam buku ini,” lengkap Sutoyo.

Berlangganan via Email