Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Daerah Salju (Yasunari Kawabata)

Judul: Daerah Salju
Penulis: Yasunari Kawabata
Penerbit: Pustaka Jaya, 1987
Tebal: 231 halaman
Kondisi: Bekas (cukup)
Stok kosong


Tokoh utamanya bernama Shimamura. Seorang laki-laki yang telah berkeluarga, menyembah kesenian Barat karena putus asa dengan stagnansi kesenian Jepang. Secara berkala dia pergi ke pedesaan-pedesaan. Dalam perjalanan itu Shimamura terikat batin dengan dua perempuan, Komako dan Yoko.

Komako adalah seorang Geisha yang tinggi hati dan mudah naik darah. Namun justru itu yang membuat Shimamura tertarik. Mereka lalu berhubungan melebihi hubungan seorang geisha dan pelanggannya. Hubungan seperti itu tidak diijinkan dalam kontrak kerja seorang geisha. Shimamura mendatangi Komako lagi setiap tahunnya. Komako sendiri jatuh cinta pada Shimamura. Pada akhirnya, Shimamura merasa kehampaan melihat cara hidup Komako sebagai geisha yang sering melayani tamu-tamu di perjamuan dan ikut mabuk. Namun, Shimamura tak mampu meninggalkan Komako karena dia terbiasa dengan keadaan menunggu itu. Meski demikian, ada rasa bersalah dalam diri Shimamura karena Komako telah memberikan segalanya termasuk hatinya pada Shimamura, sementara Shimamura merasa tidak memberikan apa-apa.

Di kesempatan lain, Shimamura terpesona oleh seorang gadis polos bernama Yoko. Hubungan Komako dan Yoko penuh teka teki karena saling membenci dengan sebab tak jelas.  Di akhir cerita, digambarkan betapa Shimamura mengalami kebingungan luar biasa dimana harus menempatkan dirinya dihadapan Komako. Sampai akhirnya Novel ditutup dengan kehadiran Yoko, tak bernyawa.

Berlangganan via Email