Jual Novel Aku Musa Engkau Fir’aun

Judul: Aku Musa Engkau Fir’aun
Penulis: Najib Mahfouz
Penerbit: Tarawang, 2000
Tebal: 200 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Terjual Cilegon


Novel ini sempat dilarang penerbitannya oleh Universitas Al-Azhar Kairo-Mesir. Namun akhirnya diterbitkan oleh Daarul-Adab di Beirut dan dalam setahun (yaitu pada tahun 1985) mengalami cetak ulang sebanyak lima kali. Aulad Haratina sempat dicekal karena jalinan ceritanya yang mirip dengan kisah para Nabi.

Aku musa, Engkau Fir?aun adalah episode ke dua dari Novel panjang Aulad Haratina. Aulad Haratina diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Philip Steward dengan judul The Children of Our Quarter pada tahun 1981. Ada 5 judul dalam novel panjang ini, yaitu Adham, Jabal, Irfah, Rifa'ah dan Qasim.

Meski tidak membaca kisah ini dari awal (Adham), tapi tidak terlalu susah mengikuti jalan ceritanya.

Membaca novel ini, mengingatkan kita pada kisah Nabi Musa. Sangat mirip. Dengan tokoh utama yang bernama Jabal, seorang pemuda dari suku Hamdan yang miskin dan terpinggir. Jabal diasuh oleh keluarga Al-Afandi yang kaya raya.

Meskipun hidup dalam kemewahan, tetapi Jabal tidak melupakan asal usulnya. Ia tidak tahan dengan perlakuan Al-Afandi yang sewenang-wenang terhadap Hamdan. Ia pun akhirnya meninggalkan rumah karena merasa batinnya terusik melihat Klan Hamdan "diinjak-injak" oleh Al-Afandi.

Jabal memutuskan tinggal bersama klan Hamdan. Tetapi suatu hari, secara tidak sengaja Jabal membunuh orang karena ingin menyelamatkan seorang pemuda. Atas persetujuan Hamdan, akhirnya Jabal pergi meninggalkan desa.

Jabal pun menggembara dan bertemu dengan Al-Balqity seorang pawang ular. Ia menikah dengan putri kedua Al-Balqity. Tetapi kenangan akan klan Hamdan yang tertindas membuat hati Jabal tidak tenang. Ia lalu memutuskan kembali ke desanya untuk menuntut keadilan.

Berlangganan via Email