Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Ketika Orang Jawa Nyeni

Judul: Ketika Orang Jawa Nyeni
Penulis: Umar Kayam, dkk.
Penerbit: Galang Press, 2000
Tebal: 455 halaman
Kondisi: Bekas (bagus)
Terjual Jakarta


Dari segi fungsi sosialnya, daya tarik pertunjukan rakyat terletak pada kemampuannya sebagai pembangun dan pemelihara solidaritas kelompok (Kayam, 1977.6). Dari pertunjukan rakyatlah masyarakat memahami kembali nilai-nilai dan pola perilaku yang berlaku dalam lingkungan sosialnya. Peranan serupa itu tampaknya sekarang menghadapi tantangan besar.

Sampai saat ini, tradisi seni modern yang berkembang di Indonesia masih didominasi oleh jiwa keseriusan. Hal ini membuka peluang untuk masuknya unsur humor. Oleh seni tradisional Jawa, terutama yang diteliti, selalu menampilkan adegan-adegan lain, peluang ini sesungguhnyadapat diisi dengan segera oleh mereka. Kecenderungan serupa itulah yang sesungguhnya mengangkat popularitas Jalal, Suroto, Joni Gudel, Gepeng dan Srimulat. Bagi sebagian besar tokoh tersebut seni tradisional merupakan sekolah untuk menjadi seorang pelawak.

Beberapa bentuk seni tradisional Jawa mulai menipis penggemarnya dan dihadapkan pada beberapa tantangan akibat perubahan sosial budaya yang terjadi di Indonesia. Perubahan sosial budaya tersebut antara lain adalah perkembangan tekhnologi komunikasi, perubahan sistem sosial, dan perubahan sistem nilai. Perubahan atas hal-hal itu membuahkan tuntutan-tuntutan baru pada seni tradisional, yakni tuntutan akan keunikan dan akan kemampuan merangsang keinginan penonton yang mulai malas meninggalkan rumah.

Seni tradisional sebenarnya bukan saja warisan budaya leluhur yang perlu dilestarikan, tetapi juga menyangkut kehidupan beberapa kelompok warga masyarakat yang bergantung padanya. Oleh karena itu, seni tradisional harus dihindari dari bahaya kepunahan. Usaha menolong seni tradisional tidak dapat dilakukan secara serabutan dan hanya berdasarkan pemahaman atas gejala-gejala yang tampak di permukaan semata, tetapi harus berdasarkan pada pemahaman atas hal-hal yang mendasar yang menyebabkan kemundurannya. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertolongan terhadap seni tradisional tersebut dapat dilakukan dengan dua cara.