Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku The Sufi Path Of Knowledge: Tuhan Sejati dan Tuhan-Tuhan Palsu

Judul: The Sufi Path Of Knowledge: Tuhan Sejati dan Tuhan-Tuhan Palsu
Penulis: William C.Chittick
Penerbit: Qalam, 2001
Tebal: 462 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 100.000 (blm ongkir)
SMS/WA: 085225918312
PIN BBM: 5244DA2C


Istilah “Tuhan” dalam Islam bisa dipahami dari dua sudut pandang. Pertama, kita bisa memandang Tuhan sebagai Dia dalam diri-Nya sendiri, di mana kita mengesampingkan kosmos (al-’alam), yakni “segala sesuatu selain Allah” (ma siwa Allah), tanpa berbagai kualifikasi spasial atau temporal. Ditilik dari sudut pandang ini, hampir semua pemikir Muslim berkesimpulan bahwa Tuhan dalam diri-Nya sendiri, “Esensi” (dzat) Tuhan, tidak bisa diketahui. Dia tidak bisa kita pahami. Ini mengantar kita pada perspektif ketak-terbandingan Tuhan (tanzib).

Kedua, jika kita menyebut-nyebut kosmos dalam nada yang sama dengan Tuhan, maka kita mesti  mempertimbangkan sejumlah hubungan yang terjalin antara Tuhan dan kosmos. Hubungan-hubungan ini diungkapkan secara verbal oleh nama-nama Ilahi yang disebut sembilan puluh sembilan nama Allah (al-asma’ al-husna). Dalam hal ini, kita bisa mengatakan bahwa Tuhan sama sekali berbeda dengan segenap makhluk-Nya, tetapi juga ada kesamaan yang bisa diamati.

Namun, kita sering kali salah dalam memahami persoalan ini, kita kadang-kadang terjebak pada absolutisme pandangan atau perasaan sendiri hingga kebanyakkan di antara kita tidak menyadari bahwa kita telah menuhankan sesuatu selain Tuhan. Kita mungkin menuhankan pemikiran kita, menuhankan keyakinan kita, menuhankan jabatan kita, atau bahkan menuhankan diri kita sendiri. Ibn al-’Arabi melalui pandangan sufistik yang mendalam mengenai hakikat Tuhan yang tak terpahami tetapi ada di manapun, mengungkapkan bagaimana jalan terbaik yang bisa ditempuh manusia untuk sampai pada Tuhan. Sebuah buku yang bisa menggugah kesadaran ketuhanan kita yang mungkin selama ini dikotori oelh ego dan nafsu kita.

Berlangganan via Email