Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Revolusi Agraria

Judul: Revolusi Agraria, Gerakan Sosial dan Pertanian Ekspor di Negara-negara Dunia Ketiga
Penulis: Jeffery M. Paige
Penerbit: Imperium, 2004
Tebal: xvii + 692 hlm

Harga: Rp 80.000,-  (belum ongkos kirim)
Order: SMS 085225918312

Konflik tanah sudah menjadi persoalan klasik yang sepertinya susah mencari akar masalah dan penyelesaiannya. Masalah ini tidak pernah tuntas meski banyak upaya yang sudah dilakukan. Konflik yang terjadi di Mesuji, Lampung dan Sumatera Selatan yang menelan korban jiwa adalah fenomena konflik agrarian terbaru yang sangat menghebohkan dan menunjukkan bahwa permasalahan agrarian merupakan fenomena gunung es di Indonesia.

Dalam Revolusi Agraria ini, Paige berhasil memetakan secara lebih sederhana kompleksita perlawanan petani yang cenderung menampakkan beragam variasi, dengan munculnya penjelasan yang bertitik tekan pada sistem pemilikan dan pengolahan tanah di Negara-negara Amerika Selatan.

Bagaimanapun, percaturan politik agraria tidaklah sekedar kumpulan daftar pemberontakan yang berkesinambungan. Apapun pandangannya, perlawanan petani akan berbeda-beda dari satu sistem agraria ke sistem agraria yang lain sebagaimana juga perbedaan ini diletupkan oleh proses perubahan agraria yang cenderung beragam di berbagai daerah. Akan tetapi sebagai sebuah komparansi yang sama-sama tergolong negara-negara dunia ketiga buku ini sangatlah otoritatif.

Berlangganan via Email