Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Menghadirkan Cahaya Tuhan: Epistimologi Iluminasionis dalam Filsafat Islam

Judul: Menghadirkan Cahaya Tuhan: Epistimologi Iluminasionis dalam Filsafat Islam
Penulis: Mehdi Ha'iri Yazdi
Penerbit: Mizan, 2003
Tebal: 364 halaman
Kondisi: Bekas (bagus)
Stok Kosong


Ilmu hudhuri (knowledge by presence atau pengetahuan-dengan-kehadiran) adalah istilah yang pertamakali digunakan oleh Syihahb Al Din Suhrawardi -pendiri mazhab iluminasionisme dalam filsafat Islam- untuk merujuk ke jenis pengetahuan yang diperoleh melalui kesadaran intuitif. Pengetahuan tentang diri, perasaan, dan keadaan-keadaan pribadi, perasaan, dan keadaan-keadaan pribadi, serta pengalaman mistik adalah contoh bentuk-bentuk ilmu hudhuri. Karena bersifat nonempiris, filsafat modern cenderung menafikan kesejatian pengetahuan ini dengan menganggapnya sebagai batu lompatan-lompatan imajinasi yang tidak memiliki kandungan kognitif.

Mehdi Ha'iri Yazdi -diasuh dan dibesarkan oleh tradisi filsafat Islam di hauzah-hauzah Persia dan kemudian mendalami filsafat modern di universitas-universita Barat -berhasil mendemonstrasikan keabsahan dan keautentikan ilmu hudhuri sebagai sebuah model ilmu nonpresentasional. Melalui argumen-argumen logis, analisis semantik, dan epistemologis yang tajam dan bernas, dia tiba pada sebuah kesimpulan bahwa ilmu hudhuri tidak saja dapat ditolak eksistensinya, tetapi bahkan merupakan basis konstitusi seluruh jenis dan modus pengetahuan manusia.

Untuk mencapai tujuan itu, sang penulis menerapkan pluralitas metodologi, sejak fenomenologi-diri (iluminasi Suhrawardi), fenomenologi-wujud (eksitensialis Mulla Shadra), analisis logis peripatis-iluminasi (Ibn Sina), filsafat analitik/bahasa (Wittgenstein, Russell), hingga hermeneutika-ontologis.

Di tangan Mehdi, pengalaman mistik -yang selama ini dikesankan hanya menjadi wilayah hati yang serba intuitif dan beraura misterius- dapat dipertanggungjawabkan di hadapan nalar kemanusiaan, dengan tingkat kecanggihan argumentasi filosofis yang mengagumkan.

Berlangganan via Email