Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Kesastraan Melayu Tionghoa dan Kebangsaan Indonesia Jilid 1

Judul: Kesastraan Melayu Tionghoa dan Kebangsaan Indonesia Jilid 1
Penulis: Tan Teng Kie, Lie Kim Hok, Gouw Peng Liang
Penerbit: KPG, 2000
Tebal: 519 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Terjual Jakarta

Buku ini merupakan jilid pertama dari seri Kesastraan Melayu Tionghoa, khazanah sastra yang sudah lama terpendam dan terlupakan. Selama hampir 100 tahun (1870-1960), kesastraan ini telah menghasilkan tak kurang dari 3.005 karya dan melibatkan 806 penulis, jauh lebih banyak dari jumlah karya dan penulis dalam kesastraan Indonesia modern. Meskipun demikian pengakuan atas kepeloporan kesastraan ini belum juga diakui secara luas.

Tidak disangsikan lagi, karya sebanyak itu dapat mencerminkan liku-liku perkembangan bangsa dan kebudayaan Indonesia, sedikitnya dari sudut pandang Peranakan Tionghoa. Oleh sebab itu pemilihan bahan dilakukan berdasarkan kadar dokumentasi sejarah yang terkandung dalam setiap tulisan. Sebanyak 150 karya yang mencakup 15.000 halaman sudah dipilih, dan diperkirakan akan terbit dalam 25 jilid. Jilid pertama ini, misalnya, memuat tujuh karya yang terbit sejak 1870.

Membaca kembali dokumen-dokumen itu, generasi bangsa Indonesia sekarang dan masa datang akan dapat merasakan suka-duka masyarakat jajahan dalam mengubah nasib secara lambat-laun menjadi bangsa yang merdeka.

Berlangganan via Email