Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Islam dan Sosialisme

Judul: Islam dan Sosialisme
Penulis: H.O.S. Tjokroaminoto
Penerbit: Sega Arsy, 2008
Tebal: 148 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Stok Kosong


Tjokroaminoto yang dilahirkan pada 16 Agustus 1882, di Madium Jawa Timur adalah seorang tokoh besar Indonesia. Belanda menjulukinya sebagai Raja Jawa yang Tak Bermahkota. Ia menjadi pemimpin Sarekat Islam (SI) (1912) dan sukses membawa SI sebagai organisasi pergerakan nasional terbesar ketika itu. Ia menjadi tokoh dan guru utama pergerakan. Dua muridnya yang terkemuka adalah Soekarno dan S.M. Kartosuwirjo. Soekarno kelak menjadi Proklamator dan Presiden Pertam RI. Sedangkan S.M. Kartosuwirjo menjadi Proklamator Darul Islam/Negara Islam Indonesia (DI/NII).

Salah satu wasiat Tjokroaminoto yang terkenal adalah "Lerena mangan sadurunge wareg" yang berarti "berhentilah makan sebelum kenyang". Pesan yang bersumber dari hadis Nabi ini dimaksudkan agar generasi penerus menghindari sikap rakus dan serakah serta menggunakan jabatana untuk kepentingan pribadi dan golongan. Ia juga menyampaikan sebuah wasiat tertulis yang disahkan oleh forum sebagai "Pedoman Umat Islam". Isinya berupa pesan nkepada umat Islam supaya menjadi pelopor dalam upaya membawa masyarakat menuju tatanan kehidupan yangs esuai dengan ajaran Islam.

Buku Islam dan Sosialisme ini merupakan karyanya yang paling meonumental, bahkan menjadi salah satu karya terbesar Tjokromainoto. Di dalamnya memuat sistem kemasyarakatan yang sosial-relijius dengan susunan pemerintahan yang bersendikan demokrasi. Buku ini ditulis untuk menanggulangi faham sosialisme yang diusung oleh kaum atheis dan komunis di Indonesia.

Berlangganan via Email