Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Beriman Tanpa Rasa Takut (Irshad Manji)

Judul: Beriman Tanpa Rasa Takut: Tantangan Umat Islam Saat Ini
Penulis: Irshad Manji
Penerbit: Nun Publisher, 2008
Tebal: 342 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Stok kosong

Sangat jarang seorang muslim menyatakan secara terbuka apa yang banyak kita ketahui tapi tidak berani mengonfirmasinya. Irshad sedikit bersemangat saat memaparkan serangan orang Yahudi, sebagaimana saat berbicara tentang dorongan untuk melemparkan tanggung jawab atas semua penyakit Islam pada kolonisasi Barat; ia mengabaikan sejarah Islam sendiri tentang imperialisme dan pelanggaran hak asasi manusia yang terus berlanjut atas nama Allah. Sepanjang bukunya, Irshad tetap patuh pada Perintah Ilahi: “Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar menegakkan keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri ataupun ibu-bapak dan kerabatmu.” (An-Nisa: 135).

Dengan hanya patuh kepada Allah, Irshad menyerang para mullah dengan segala permainan mereka. Salah satu prasyarat berat dari ijtihad, tradisi Islam dalam berpikir independen, adalah seseorang harus akrab dengan semua ulama salaf Islam. Pada poin ini, Irshad berbeda dengan banyak ulama Islam. Dalam faktanya, bukunya ini dapat menjadi pengantar atas pandangan-pandangan intelektual muslim modern. Di mana lagi kita dapat menemukan analisis yang tajam tentang Saad Eddin Ibrahim, Mahmoud Taha, Khaled Abou El Fadl, Nasr Hamed Abu-Zeid, dan beberapa yang lainnya?

Irshad membuka diri pada kritik dengan memilih bentuk ekspresi demokratis yang bersifat menantang—ia menulis buku ini dalam bentuk surat terbuka. Pendekatannya ini akan menantang ego para elite, karena dia menolak untuk menulis secara ketat buat kita dan konstituen kita yang eksklusif. Karya Irshad tidak jatuh ke dalam tipologi teori-teori akademis yang ditulis nyaris dalam jargon menara-gading yang sukar dipahami. Karyanya juga tidak merepresentasikan nyanyian romantis tentang Islam yang bermakna hanya bagi pengikutnya. Alih-alih, gaya, kejujuran, dan keterbukaan Irshad membuat bukunya memiliki kelas tersendiri.

Anda para pembaca mungkin tidak sepakat dengan semua kesimpulan Irshad. Saya pun demikian. Tetapi justru itulah tujuan dia. Ia mengharapkan seseorang yang mempertanyakan pemikirannya, untuk diajak berdialog dan bertanya tentang Islam.

DR. KHALEEL MOHAMMED

Berlangganan via Email