Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Al-Quran dan Sekularisasi: Kajian Kritis terhadap Pemikiran Thaha Husein

Judul: Al-Quran dan Sekularisasi: Kajian Kritis terhadap Pemikiran Thaha Husein
Penulis: Syahrin Harahap
Penerbit: Tiara Wacana, 1994
Tebal: 238 halaman
Kondisi: Stok lama (cukup)
Harga: Rp. 35.000 (blm ongkir)
Order: SMS 085225918312



Buku ini membahas salah satu dari ide-ide Barat, sebagaimana ia berkembang dalam masyarakat Islam. Dalam masyarakat kita sekularisme, sekularisasi dan sekular selalu diartikan pemisahan negara dari agama sedang artinya sebenarnya lebih luas. Pada dasarnya kata-kata itu mengandung arti pelepasan diri dari ikatan agama. Maka yang menjadi sekuler bukan hanya negara, tetapi pranata-pranata sosial lainnya, seperti ekonomi sekular, pendidikan sekular, perkawinan sekular, kebudyaan sekular dan sebagainya. Bahkan manusia, kalau ia melepaskan diri dari agama, juga menjadi sekular, seperti terdapat di kota-kota besar. Kalau anggota dari masyarakat banyak melepaskan diri dari agama, masyarakat itu menjadi sekuler, sebagai yang telah kelihatan di masyarakat Barat.

Proses pelepasan diri dari ikatan agama disebut sekularisasi, dan proses ini terdapat bukan hanya dalam masyarakat Barat, tetapi juga dalam masyarakat Islam, dengan perbedaan bahwa sekularisasi di Barat membawa orang melepaskan diri dari seluruh ikatan agama, sehingga orang di sana cenderung tidak beragama lagi, sedang dalam Islam pelepasan diri itu hanya dari ikatan-ikatan tertentu dari agama, dan orang masih tetap beragama.

Sekularisasi dalam Islam tidak sampai ke tahap dimana umat Islam merasa tidak lagi terikat pada ajaran-ajaran dasar dan absolut dan karena itu meninggalkannya. Sekularisasi dalam Islam hanya terjadi dalam ajaran-ajaran hasil ijtihad ulama. Dan ini akan berjalan terus sesuai dengan perubahan zaman.

Dalam konteks inilah pemikiran sekularisasi Thaha Husein yang terkandung dalam buku ini harus dipahami. (Harun Nasution).

Daftar Isi
    Bab I.Pendahuluan
    Bab II.Latar Belakang Pemikiran Thaha Husein
    Bab III.Gagasan-gagasan Sekularisasi Thaha Husein dalam Bidang Kebudayaan, Pendidikan, dan Politik
    Bab IV.Gagasan-gagasan Sekularisasi Thaha Husein dalam Bidang Agama
    Bab V.Kesimpulan
Daftar Bacaan
Lampiran
Indeks

Berlangganan via Email