Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Novel Boeron Dari Digoel

Judul: Boeron Dari Digoel 
Penulis: Wiranta
Penerbit: Tamboer Press, 2000
Tebal: 99 halaman
Kondisi: Bekas (cukup)
Harga: Rp. 35.000 (blm ongkir)
Order: SMS 085225918312


Buku ini bercerita tentang perjalanan usaha pelarian 7 orang tawanan dari Boven, Digul. Buku ini diterbitkan pertama kali tahun 2000 tetapi bercerita tentang keadaan ketika Indonesia masih berada di bawah jajahan Belanda. Boven, Digul adalah salah satu kabupaten yang terletak di pulau Papua dan berbatasan langsung dengan negara Papuan New Guenea dan beribukota di Tanah Merah. Pada masa penjajahan Belanda digunakan sebagai tempat pembuangan khusus para pemuda yang terlibat dalam Pergerakan Nasional Indonesia (M. Hatta dan Sutan Syahrir pernah dibuang di tempat ini).

Seandainya saja penulis juga menceritakan perjuangan yang dilakukan para tokoh cerita ini dalam Pergerakan Nasional Indonesia -sehingga harus menjadi penghuni tempat ini- tentulah buku ini akan lebih menarik ketimbang hanya menceritakan kisah pelarian mereka dengan berbagai resiko yang membahayakan.

Dikisahkan Soedjito dan 6 temannya mencoba melarikan diri dari Boven, Digul. Berbagai rintangan mereka hadapi... dari diserang buaya, Soewirdjo yang meninggal karena terserang penyakit kencing hitam, terbawa arus sungai karena banjir bandang, diserang suku primitif sampai serangan ular sanca. Akhirnya hanya 3 orang dari mereka (Soedjito, Kamlin dan Roesman) yang sampai ke perbatasan. Mereka lalu ditahan di Thursday Island karena tidak memiliki surat-surat. Seharusnya setelah menjalani masa tahanan 6 bulan, mereka akan dibebaskan dan dapat menjadi warga negara tersebut. Sayangnya, pada hari ke 14, mereka dijemput oleh beberapa tentara dari Boven Digul yang kembali membawa mereka ke tempat pembuangan tersebut.

Pelarian yang sia-sia !!

Berlangganan via Email